Kunci yang dapat diatur ukurannya (Adjustable Wrench)

Kunci yang dapat diatur ukurannya atau biasa kita sebut sebagai kunci inggris (Adjustable Wrench) dirancang/ dibuat untuk dapat digunakan untuk mengencangkan atau melepas baut atau mur dengan ukuran yang berbeda-beda atau berfariasi dengan hanya memakai satu kunci. Kunci adjustable wrench dipakai untuk pekerjaan yang umum dan tidak cocok untuk dipakai pada pekerjaan tertentu yang artinya kunci adjustable wrench dipakai jika dalam keadaan tertentu atau tidak ada kunci yang lain yang dapat digunakan untuk melepas baut atau mur (kunci pilihan terakhir yang digunakan). Ukuran rahang adjustable wrench dapat diatur dan disetel sesuai dengan ukuran baut atau mur yang akan dikencangkan atau dilepas sampai dengan limit maksimumnya. Adjustable Wrench memiliki sudut 15 derajat terhadap pegangannya dengan lebar mulut berukuran antara 13 mm sampai dengan 35 mm. Ada juga adjustable wrench yang memiliki sudut 45 derajat terhadap pegangannya dengan lebar mulut berukuran antara 26 mm sampai dengan 83 mm.
Gambar. Adjustable Wrench

Cara penggunaan adjustable wrench dengan cara menempatkan mulut atau rahang kunci ke kepala baut atau mur kemudian memutar penyetel rahang sampai didapatkan ukuran yang pas antara rahang kunci dengan kepala baut dan mur (sampai tidak kendor atau longgar). Arah putaran menuju rahang yang dapat bergeser seperti gambar dibawah ini.
Gambar. Arah penggunaan Adjustable Wrench

Setelah ukuran rahang sesuai dengan ukuran kepala baut dan mur, lakukan pengencangan atau pelepasan baut atau mur pada posisi yang rata (jangan miring).

4 Responses to "Kunci yang dapat diatur ukurannya (Adjustable Wrench)"

  1. kalau di daerah saya sebutan untuk benda itu kunci inggris

    ReplyDelete
  2. kuci inggriss sangat membantuuu belasss gan

    ReplyDelete