Blangko NBM dan Cara Membuat NBM atau KTAM Baru

Setiap anggota Muhammadiyah diharuskan membuat Kartu Tanda Anggota Muhammadiyah (KTAM) atau Nomer Baku Muhammadiyah (NBM). Termasuk juga setiap warga negara yang bekerja dilingkungan amal usaha muhammadiyah diharuskan sudah masuk keanggotaan muhammadiyah dengan cara membuat kartu tanda anggota.

Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk memiliki kartu tanda anggota muhammadiyah baru menurut pengalaman saya saat membuat NBM atau KTAM baru.
  1. Mengisi terlebih dahulu blangko atau formulir keanggotaan, bagi yang belum punya blangko pendaftaran dapat didownload DISINI. Isi blangko pendaftaran secara lengkap dan sesuai dengan pertanyaan yang ada. Isi blangko dengan menggunakan bolpoin dengan tinta berwarna hitam dan huruf kapital.
  2. Lengkapi segala persyaratan yang ada dengan melampirkan pas foto berwarna 3 x 4.
  3. Blangko pendaftaran yang telah diisi kemudian dimintakan tanda tangan ke Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) sebagai bukti keaktifan kita di anggota kemuhammadiyahan di lingkungan kita. Tanda tangan bisa dimintakan ke ketua PCM atau sekertaris PCM kemudian dicap.
  4. Setelah mendapatkan tanda tangan dari ketua atau sekertaris PCM dan cap PCM kemudian blangko dibawa ke kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah untuk penerbitan NBM (Nomer Baku  Muhammadiyah) baru. Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta terletak di  jalan Cik Di Tiro No. 23 Yogyakarta. Atau juga bisa formulir dicetak di beberapa Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) yang sudah dapat mencetak kartu NBM.
  5. Membayar infaq sesuai dengan ketentuan yang tercantum di blangko atau formulir pendaftaran kemudian juga melakukan pembayaran biaya administrasi untuk mengganti biaya pembuatan NBM baru sebesar Rp. 25.000,-. Pengalaman saya saat melakukan pembayaran administrasi di PP Muhammadiyah, untuk pembayaran biaya pengganti pembuatan NBM atau KTAM baru dilakukan di bagian keuangangan tepatnya di lantai 3.
  6. Setelah melakukan pembayaran biaya itu kemudian kita diberi tanda pelunasan untuk bukti bahwa sudah lunas untuk biaya pengganti pembuatan NBM atau KTAM baru. Dari kantor keuangan kita nanti disuruh ke bagian pencetakkan kartu NBM atau KTAM. Kantor pencetakkan kartu NBM dan KTAM juga berada di lantai 3 gedung PP Muhammadiyah. Pencetakkan kartu NBM atau KTAM biasanya membutuhkan wahtu satu hari.
  7. Setalah menunggu satu hari, kembali ke kantor PP untuk mengambil kartu NBM atau KTAM dengan menunjukkan bukti pelunasan biaya administrasi.

1 Response to "Blangko NBM dan Cara Membuat NBM atau KTAM Baru"