Macam-Macam Listrik: Pengertian Listrik Statis dan Listrik Dinamis

Pada umumnya listrik dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu listrik dinamis dan listrik statis. Pada listrik dinamis dibagi lagi dengan dua macam yaitu listrik dinamis dengan arus bolak balik atau Alternating Current (AC) dan listrik dinamis dengan arus searah atau Direct Current (DC).

Kemudian apakah yang dimaksud dengan listrik statis dan listrik dinamis? Dan apakah yang dimaksud dengan listrik arus searah atau arus DC dan arus bolak-balik atau arus AC? Untuk mengetahuinya, mari kita simak ulasan berikut ini :

Listrik Statis
Listrik statis merupakan jenis listrik yang elektron didalam konduktornya diam atau tidak berpindah. Listrik statis dapat terjadi jika dua buah konduktor yang memiliki muatan yang berbeda saling digosok-gosokkan, maka akan membuat muatan listrik yang terdapat pada konduktor tersebut akan menjadi satu dan berkumpul pada permukaan konduktor yang saling digosok-gosokkan tadi. Jika kedua konduktor tersebut didekatkan maka akan terjadi gaya tarik menarik tetapi tidak terjadi perpindahan muatan elektron pada konduktor tersebut.

Contohnya bila menggosok-gosokkan kain sutera pada permukaan kaca maka elektron yang terdapat pada kain sutera tersebut akan berkumpul di permukaan kain sutera, sedangkan muatan positif atau protonnya akan berkumpul pada permukaan kaca. Ketika kaca dan kain sutera tersebut didekatkan maka akan terjadi gaya tarik menarik antara dua benda tersebut. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :
Listrik Dinamis
Listrik dinamis sangat berbeda dengan listrik statis, bila pada listrik statis tidak ada perbindahan elektron, tetapi pada listrik dinamis terjadi perpindahan elektron. Listrik dinamis merupakan gerakan atau perpindahan elektron antara aton satu dengan atom lainnya yang terdapat pada penghantar (konduktor).

Bila gerakan perpindahan elektron ini dengan arah yang tetap (searah), listrik jenis ini disebut dengan listrik dengan arus searah atau Direct Current (DC).

Sedangkan bila perpindahan elektron ini dengan arah yang berubah secara periodik maka listrik jenis ini disebut dengan listrik arus bolak-balik atau Alternating Current (AC).
Listrik dinamis dengan arus DC dapat dicontohkan dengan listrik pada baterai atau accu sedangkan listrik dengan arus AC dapat dicontohkan dengan listik PLN atau pada generator/ alternator.

1 Response to "Macam-Macam Listrik: Pengertian Listrik Statis dan Listrik Dinamis"