Memperbaiki Lampu Sein Yang Menyala Tapi Tidak Berkedip

Lampu sein pada kendaraan sangat penting fungsinya, salah satunya adalah sebagai isyarat ke pengendara lain tentang arah yang kita tuju sehingga pengendara lainnya dapat berhati-hati.

Tanpa adanya lampu sein maka akan sangat besar potensi terjadinya kecelakaan. Lampu sein pada kendaraan sepeda motor umumnya terdapat empat buah lampu sein yaitu dua dibagian depan sebelah kanan dan kiri dan dua dibagian belakang sebelah kanan dan kiri.

Mungkin bagi anda pengendara sepeda motor pernah mengalami masalah yang satu ini yaitu lampu sein yang menyala tetapi tidak mau berkedip dan mungkin anda mengira masalah itu terjadinya karena adanya kerusakan pada rangkaian kelistrikan lampu seinnya.

Masalah ini tentu saja jika tidak diatasi akan membuat pengendara menjadi kurang nyaman.
Lampu sein yang menyala tetapi tidak berkedip ada beberapa faktor yang dapat menyebabkannya antara lain ada bohlam lampu sein yang putus, flasher lampu sein rusak dan baterai/ accu rusak/ soak.

Lampu sein putus
Jika ada salah satu bohlam lampu sein yang putus maka lampu sein akan menyala tetapi tidak akan berkedip. Masalah ini sangat mudah untuk diketahui, yaitu dengan memeriksa nyala lampu sein baik pada bagian depan sebelah kanan dan kiri maupun bagian belakang sebelah kanan dan kiri. Jika misalnya pada bagian depan sebelah kanan tidak menyala, hal ini dapan mengidentifikasikan bahwa lampu sein depan sebelah kanan putus.

Jika sudah diketahui lampu sein mana yang putus maka lakukan perbaikan dengan cara mengganti bohlam lampu sein yang putus tersebut dengan bohlam lampu sein yang baru.

Setelah bohlam lampu sein yang putus diganti, cek sekali lagi nyala lampu sein, maka lampu sein dapat menyala berkedip. Namun jika keempat lampu sein sudah menyala dan masih belum berkedip maka kemungkinan flashernya juga rusak.

Flasher rusak
Flasher yang rusak salah satunya dapat menyebabkan lampu terus menyala tetapi tidak berkedip. Cara mengetahuinya cukup mudah, jika flasher masih dalam kondisi normal maka akan terdengar suara dari flasher (switch elektromagnetic) ketika saklar sein dinyalakan, namun jika tidak terdengar suara dari flasher, maka dapat berpotensi flashernya rusak.

Cobalah ganti dengan flasher yang baru, bila dengan flasher yang baru ternyata lampu sein dapat menyala maka dapat dipastikan bahwa flasher yang lama sudah rusak.

Baterai soak
Baterai yang soak atau rusak juga akan berpengaruh terhadap nyala lampu seinnya. Jika baterai soak maka ketika saklar sein diaktifkan ( di On kan) nyala lampu sein akan redup dan bisa tidak berkedip.

Nyala lampu sein yang redup ini disebabkan arus yang ke lampu sein kecil sehingga membuat lampu sein redup dan tidak berkedip.

Tentu saja cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti baterai yang baru.

0 Response to "Memperbaiki Lampu Sein Yang Menyala Tapi Tidak Berkedip"

Post a Comment