Cara Kerja Motor Wiper Saat Switch Wiper Diputar Pada Posisi OFF

Wiper merupakan salah satu komponen sistem kelistrkan body pada kendaraan. Wiper berfungsi membersihkan kaca bagian depan maupun kaca bagian belakang (pada beberapa tipe kendaraan mobil) agar tidak mengganggu pandangan atau penglihatan dari pengendara.

Wiper ini menjadi sangat penting pada saat terjadi hujan, wiper disini difungsikan untuk membersihkan kaca dari air hujan. Selain itu wiper juga erfungsi untuk membersihkan kaca dari kotoran-kotoran atau serangga yang menempel di kaca. Untuk membersihkan kotoran dengan maksimal maka wiper dikombinasikan dengan washer.

Wiper dioperasikan dengan cara memutar saklar wiper, biasanya terdapat dua kecepatan yaitu kecepatan lambat (low) dan kecepatan cepat (high), selain itu juga dilengkapi dengan intermittent.

Komponen-komponen wiper terdiri dari motor wiper, lengan wiper (wiper arm) dan bilah wiper (blade).

Motor wiper dapat bergerak ketika motor wiper dialiri arus. Arus ini berasal dari baterai kemudian menuju ke fuse, lalu ke kunci kontak, lalu ke wiper switch dan kemudian ke motor wiper. Pada saat wiper dioperasikan kemudian dimatikan (off) maka lengan wiper harus kembali ke posisi semula (posisi bawah) jangan sampai berhenti ditengah-tengah yang nantinya dapat mengganggu pandangan pengendara. Sehingga diperlukan suatu sistem yang dapat membuat posisi wiper kembali ke posisi semula saat switch wiper di off kan.

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai cara kerja wiper saat saklar wiper diputar keposisi off pada saat setelah wiper beroperasi.

Cara kerja wiper ketika saklar wiper diputar ke posisi off :
1. Pada saat cam switch masih menghubungkan kontak point A dan B
Arus dari baterai akan mengalir ke kunci kontak kemudian menuju ke kontak point A dan diteruskan oleh cam switch ke kontak point B . Dari kontak point B akan dialirkan ke saklar dan selanjutnya ke motor wiper. Karena motor wiper dialiri arus maka pada saat ini motor wiper masih bekerja. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

2. Pada saat cam switch menghubungkan kontak point B dan C
Pada saat ini arus dari baterai akan berhenti di kontak point A sehingga arus tidak akan dialirkan ke motor wiper. Pada saat ini motor wiper akan berhenti bekerja karena tidak dialiri arus listrik. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

13 Responses to "Cara Kerja Motor Wiper Saat Switch Wiper Diputar Pada Posisi OFF"

  1. Om..mohon pencerahan
    Jika wiper langsung berhenti di posisi dimana di off kan/tdk turun dulu. Apa yg harus di perbaiki?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek sambungan kabel yang menuju cam switch motor wiper (lihat bagian atas) serta cek hubungan saklar wiper, ketika saklar posisi off, cari terminal yang terhubung dengan terminal kecepatan lambat (low), terminal yang terhubung tersebut nantinya dihubungkan ke terminal B pada cam switch (terminal yang berada ditengah)

      Delete
  2. klo wiper tidak mau berhenti walaupun sakelar sudah di posisi off,
    itu apanya yg harus di ceek mas??

    ReplyDelete
  3. Kalau jalannya wiper ke bawah dulu baru keatas, itu apanya ya mas

    ReplyDelete
  4. Wifer tdk mau berheti apa masalahnya mas

    ReplyDelete
  5. Gan, tolong jelaskan apa gunanya B dan C dihubungkan? Padahal pada skema itu kalau saklar wiper tidak dimatikan bukankah B ada arus listrik positif yg langsung ketemu dengan C yang terhubung langsung dengan ground. Apakah ini tidak malah berbahaya gan?

    ReplyDelete
  6. om ada modul efi klas xii share dong

    ReplyDelete
  7. Kalau posisi saklar pada posisi int tp wiper bergerak terus gak ada jeda berhenti itu kira2 apa nya terutama pada mobil suzuki splash

    ReplyDelete
  8. mau nanya ni gan.
    Ini wiper kalo di posisi interlock sama di posisi mist knp ga mau gerak ya , saya cek sekringnya yg buat wiper masih bagus ga putus.
    Kemaren pas di pake mertua kebetulan pas hujan jg.
    Kalo wiper posisi low sama highnya sih hidup washer pump nya jg. Trus kalo lagi on di off berentinya ga langsung di bawah.

    ReplyDelete
  9. Low nya gk mw gerak,,cma yg cepat doang,sikring aman gk putus,apanya ya min

    ReplyDelete
  10. Kalo wiper tiba tiba berhenti di atas, dan ga mau balik ke bawah, tts dinamo wiper panas. Kira2 apanya yg rusak bang

    ReplyDelete
  11. Mau nanya kalo wiper jalannya ke bawah dulu baru ke atas apanya ya om???

    ReplyDelete