Pengertian Tekanan Kompresi dan Perbandingan Kompresi

Di dalam satu siklus kerja mesin terdapat empat buah proses kerja atau langkah yaitu langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha dan langkah buang.

Baik pada kendaraan dengan mesin 2 tak atau 4 tak selalu ada empat langkah ini, namun untuk mesin 2 tak pada umunya terdapat satu langkah lagi yaitu langkah bilas.


Langkah kompresi adalah proses penekanan campuran udara dan bahan bakar (mesin bensin) atau penekanan udara saja (mesin diesel) oleh piston dari posisi TMB (Titik Mati Atas) ke posisi TMA (Titik Mati Atas).

Pada mesin bensin, campuran udara dan bahan bakar yang telah dikompresikan maka volumenya akan menurun atau mengecil, namun pada saat ini terjadi terjadi peningkatan temperatur dan tekanan.

Dengan meningkatnya tekanan dan temperatur maka diharapkan campuran antara udara dan bahan bakar dapat menjadi partikel-partikel kecil dan homogen sehingga saat busi memercikkan bunga api maka terjadi pembakaran yang optimal.

Sedangkan pada mesin diesel hanya udara yang dikompresikan sehingga volume udara yang akan mengecil namun tekanan dan temperatur akan meningkat.

Pada saat bahan bakar diinjeksikan (disemprotkan) maka akan terjadi pembakaran yang disebabkan bahan bakar akan terbakar dengan sendirinya akibat temperatur udara yang tinggi atau panas hasil kompresi.

Tekanan kompresi
Tekanan kompresi dibedakan menjadi dua macam yaitu tekanan kompresi motorik dan tekanan kompresi pembakaran.

1. Tekanan kompresi motorik
Tekanan kompresi motorik yaitu tekanan kompresi yang diukur dengan menggunakan alat  ukur compression gauge atau compression tester yang di ujung selang pada alat ini dimasukkan ke dalam lubang busi kemudian katup gas dbuka penuh dan lalu distarter kira-kira 10 sampai 15 detik sampai mendapatkan angka penunjukkan tertinggi pada skala pembacaan di compression gauge dengan satuan Psi, kg/cm2, bar atau kPa.

2. Tekanan kompresi pembakaran
Tekanan kompresi pembakaran yaitu tekanan kompresi yang diukur atau dihitung pada saat proses kerja mesin terjadi atau saat mesin hidup. Pengukuran tekanan kompresi pembakaran ini tidak dapat diukur dengan menggunakan compression gauge manual namun menggunakan compression gauge yang dipasang atau ditanam di dalam kepala silinder. Tekanan kompresi pembakaran ini hasilnya dapat mencapai 10 kali dari tekanan kompresi motorik.

Perbandingan kompresi
Perbandingan kompresi adalah nilai yang ditunjukkan dari perbandingan antara volume kapasitas silinder mesin (volume langkah piston dan volume ruang bakar) dengan volume langkah piston.

Atau dapat dicari dengan menggunakan rumus :

PK = (VL + VC) : VC

Keterangan :
PK adalah Perbandingan Kompresi (Compression Ratio)
VL adalah Volume Langkah piston
VC adalah Volume ruang bakar atau volume kompresi


Semakin tinggi perbandingan kompresi pada mesin maka tekanan hasil pembakaran juga akan meningkat, namun harus diimbangi dengan pemakaian bahan bakar yang tepat.

0 Response to "Pengertian Tekanan Kompresi dan Perbandingan Kompresi"

Post a Comment