Penyebab Lampu Sein Mati atau Tidak Menyala

Salah satu sistem penerangan yang tak kalah penting pada kendaraan adalah lampu sein. Lampu sein atau juga disebut lampu tanda belok (turn signal) atau juga sering disebut dengan istilah lampu reting merupakan komponen sistem penerangan yang berfungsi untuk memberikan isyarat atau tanda kepada pengendara lain bahwa kita akan berbelok ke arah tertentu.

Selain itu, lampu sein juga berfungsi untuk memberi isyarat ke pengemudi lain yang ada dibelakang agar berhati-hati untuk tidak menyelip karena ada kendaraan yang datang dari lawan arah.

Untuk itu keberadaan dari lampu sein pada kendaraan adalah sangat penting untuk menjamin keamanan dan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

Lampu sein akan menyala secara berkedip-kedip, apabila kita menekan saklar lampu sein ke arah kiri maka lampu sein bagian kiri, baik lampu sein depan kiri maupun belakang kiri akan menyala berkedip bersamaan dan sebaliknya apabila saklar lampu sein diarahkan ke kanan maka lampu sein bagian kanan akan berkedip bersamaan.

Permasalahan yang sering terjadi pada sistem lampu sein salah satunya adalah lampu sein tidak menyala alias mati ketika saklar lampu sein dihidupkan.

Ada banyak penyebab yang dapat menimbulkan masalah tersebut, diantaranya adalah :

Bohlam lampu sein putus
Salah satu penyebab dari lampu sein mati atau tidak menyalah ialah berasal dari bohlam lampunya sendiri yang sudah mati atau putus. Bohlam yang telah putus atau rusak tidak akan mungkin dapat menyala.

Apabila bohlam lampu sein yang putus itu hanya satu (tidak semuanya) maka pada flasher yang menggunakan tipe IC, lampu sein lainnya dan lampu indikator pada dashboard tidak akan berkedip.

Sedangkan apabila flasher yang digunakan tipe lainnya misalnya bimetel maka ketika salah satu bohlam putus, kedipan lampu sein lainnya dan lampu indikator akan berkedip secara cepat.

Untuk mengatasi masalah tersebut maka bohlam lampu sein yang telah putus itu diganti dengan yang baru sesuai dengan spesifikasinya.

Sekring putus
Apabila lampu sein tidak menyala ketika saklar dinyalakan maka dapat juga disebabkan karena sekering atau fuse pada sistem kelistrikan lampu sein yang putus.

Pada kotak sekering pada umumnya akan terdapat denah atau petunjuk penempatan beberapa sekering, salah satunya adalah sekering lampu sein.

Apabila ditemui sekering sistem kelistrikan sein ini putus, jangan langsung menggantinya dengan yang baru tapi cari terlebih dahulu gangguan yang dapat menyebabkan sekering ini putus.

Sekering yang putus itu dapat disebabkan karena terjadinya hubungan pendek arus listrik atau arus yang lewat terlalu besar.

Apabila sudah ditemui penyebabnya maka segera lakukan perbaikan dan gantilah sekering dengan sekering yang baru sesuai dengan spesifikasinya.

Saklar rusak
Untuk menghidupkan lampu sein maka digunakanlah saklar. Apabila saklar ini rusak maka otomatis akan menyebabkan gangguan pada sistem kelistrikan lampu sein.

Bisa saja karena saklar sein rusak, ketika saklar sein dinyalakan lampu sein tidak berkedip. Untuk itu lakukanlah pemeriksaan pada saklar lampu sein. Apabila saklar sein rusak dan tidak memungkinkan untuk diperbaiki maka ganti saklar dengan yang baru.

Flasher mati
Flasher mati dapat menyebabkan dua kondisi yaitu lampu sein akan menyala tidak berkedip atau lampu sein sama sekali tidak dapat menyala.

Untuk itu lakukanlah pemeriksaan pada flasher dan apabila ditemui flasher telah rusak maka gantilah flasher dengan yang baru dan sesuai dengan spesifikasinya.

Sambungan socket atau kabel putus
Untuk mengalirkan listrik ke sistem kelistrikan lampu sein maka dibutuhkan piranti sebagai media penghubung antara komponen satu dengan lainnya. Mesia penghubung dalam rangkaian kelistrikan yaitu sambungan kabel dan socket.

Apabila sambungan kabel dan socket pada sistem kelistrikan lampu sein ini putus maka sudah tentu akan menyebabkan masalah pada lampu sein yaitu bisa jadi lampu sein tidak akan menyala ketika saklar dinyalakan.

Untuk mencari gangguan ini dapat menggunakan alat ukur multimeter atau menggunakan test lamp.

Apabila sudah ditemui sambungan mana yang putus maka segera lakukan langkah perbaikan dengan cara menyambungkan sambungan tersebut atau dengan mengganti sambungan kabel dan socketnya.

Aki mati
Aki atau baterai merupakan salah satu sumber energi listrik yang ada pada kendaraan. Aki berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke seluruh sistem kelistrikan yang ada pada kendaraan, termasuk juga pada sistem kelistrikan lampu sein.

Apabila aki mati maka lampu sein ketika saklar dinyalakan tidak akan menyala, tapi ketika kendaraan dihidupkan dan lampu sein dinyalakan maka lampu sein akan menyala redup.

Solusinya adalah lakukan perbaikan pada aki bila masih memungkinkan, namun apabila tidak memungkinkan maka lakukan penggantian aki dengan yang baru.

0 Response to "Penyebab Lampu Sein Mati atau Tidak Menyala"

Post a Comment