Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Muhammadiyah 1 Imogiri Tahun Ajaran 2018/2019

SMK Muhammadiyah 1 Imogiri atau lebih dikenal dengan nama SMK Muhim merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang ada di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan beralamat lengkap di Garjoyo, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

SMK Muhim ini berdiri sejak tahun 1989, dengan visi untuk mewujudkan siswa yang islami, unggul dan kompetitif.

Dengan visi yang dijunjung oleh SMK Muhim ini nantinya diharapkan lulusan dari sekolah ini dapat menjadi lulusan yang memili keterampilan yang memadai sehingga dapat bersaing baik ditingkat nasional maupun internasional dan memiliki jiwa yang islami yang berkarakter jujur, disiplin, bertanggung jawab dan mandiri.

Untuk dapat memuwudkan semua visi tersebut maka Sekolah Muhim sadar bahwa misi tersebut tidak akan terwujud tanpa adanya pengajar yang berkualitas, sarana dan prasarana yang memadai.

Oleh sebab itu SMK Muhim senantiasa selalu meningkatkan kualitas pengajar dan meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran guna untuk meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran.

Kurikulum yang digunakan juga disesuaikan dengan kurikulum berbasis industri yang artinya seluruh kegiatan pembelajaran direncanakan menyerupai keadaan nyata yang ada di industri. Hal tersebut dilakukan agar siswa lulusan SMK Muhim ini benar-benar siap untuk bersaing di dunia kerja nantinya.

Saat ini SMK Muhim memiliki empat jurusan yang diandalkan yaitu jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Teknik Busana Butik (BB) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

A. Jurusan
1. Teknik Kendaraan Ringan
Dari tahun ketahun perkembangan dunia otomotif di industri mobil berkembang sangat pesat hal ini dibuktikan dengan bertambahnya jumlah kendaraan mobil yang berada dijalan. Melihat kejadian tersebut maka peluang kerja dibidang otomotif khususnya di kendaraan mobil sangatlah besar. Perkembangan didunia otomotif yang sangat pesat ini juga menuntut pekerja yang akan terjun di bidang ini harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih.

Teknik Kendaraan Ringan (TKR) merupakan salah satu jawaban untuk menjawab semua tantangan tersebut. Dibekali dengan sarana dan prasarana yang cukup lengkap dan kualitas guru yang memadai maka jurusan TKR siap membawa putra dan putri bapak ibu untuk bersaing di dunia kerja bidang otomotif terumata di kendaraan ringan.

Jurusan TKR sudah bekerjasama dengan Astra Daihatsu Motor dan Kubota sehingga segala bentuk pembelajaran sudah disesuikain dengan keadaan didunia kerja khusunya di Astra Daihatsu Motor dan Kubota.
Gambar. Hasil Karya Siswa TKR

2. Teknik Bisnis Sepeda Motor
Sama halnya dengan perkembangan di industri mobil, perkembangan di industri sepeda motor juga kian hari kian pesat. Dewasa ini, hampir semua keluarga pasti memiliki kendaraan sepeda motor. Semakin banyaknya pemilik kendaraan sepeda motor maka peluang untuk terjun di bidang otomotif khususnya pada sepeda motor juga semakin besar.

Perkembangan di kendaraan sepeda motor ini juga diikuti dengan perkembangan teknologi yang ada sehingga siapa saja yang akan ikut terjun di dunia otomotif ini harus memiliki kemampuan yang lebih.

Jurusan TBSM ini merupakan salah satu jawaban untuk membantu putra dan putri ibu dan bapak agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai sesuai dengan tuntutan perkembangan di dunia otomotif kendaraan sepeda motor.

Didukung sarana dan prasarana yang memadai dan guru-guru yang berkualitas serta didukung dengan kerja sama dengan Astra Honda Motor maka SMK Muhim siap mengantarkan siswa-siswi lulusan untuk bersaing di dunia kerja.
Gambar. Media Pembelajaran Jurusan TBSM Terbaru

3. Teknik Busana Butik
Busana merupakan suatu elemen yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia, karena busana akan selalu dibutuhkan oleh setiap orang.

Dari waktu-kewaktu, perkembangan didunia fashion terus berkembang dengan pesat. Berbeda dengan bentuk atau model fashion pada masa-masa dahulu, bentuk fashion pada era sekarang ini memiliki model yang bermacam-macam dan memiliki tingkat untuk proses penjahitan yang lebih rumit.

Perusahan-perusahaan industri apparel atau garment semakin berkembang pesat di Indonesia. Setiap tahun perusahaan-perusahaan tersebut membutuhkan tenaga kerja yang berkualitas.

Untuk dapat masuk ke dalam industri tersebut maka lulusan harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai.

Jurusan Busana Butik merupakan salah satu jawaban untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang busana.

Didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai dan guru-guru yang berkualitas maka jurusan BB SMK Muhim siap mengantarkan putra dan putri bapak ibu untuk bersaing didunia kerja nantinya.

4. Teknik Komputer Jaringan
Dewasa ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Dengan perkembangan IPTEK yang semakin pesat ini maka kita didorong untuk dapat mengikuti alur perkembangan teknologi yang modern ini.

Salah satu perkembangan IPTEK yang sangat terlihat dewasa ini adalah kemajuan dibidang teknologi Informasi (IT) dan komunikasi yang bertumpu pada komputer. Sehingga siapa saja yang menguasai perkembangan teknologi komputer akan mampu untuk bersaing didusia kerja di bidang perkembangan IPTEK nantinya.

Jurusan TKJ merupakan salah satu jawaban untuk putra dan putri ibu dan bapak untuk dapat bersaing sesuai dengan kebutuhuhan dan perkembangan IPTEK.

Didukung sarana dan prasarana yang memadai dan guru-guru yang berkualitas serta didukung dengan kerja sama dengan Microtic Academy maka SMK Muhim siap mengantarkan siswa-siswi lulusan untuk bersaing di dunia kerja.
Gambar. Lab TKJ

B. Extrakulikuler
Extrakulikuler yang diadakan di SMK Muhim antara lain :
  1. Futsal
  2. Sepak bola
  3. Bola voli
  4. Bulutangkis
  5. Tenis meja
  6. Pencak silat
  7. Renang
  8. Basket
  9. MTQ
  10. Lukis dan kaligrafi
  11. Sepak takraw
  12. English club
  13. Paduan suara
  14. Karawitan

C. Prestasi
  1. Juara 1 Nasional Nusantara Expo 2016
  2. Juara 2 Olympicad Web Desain 2017
  3. Juara 3 Olympicad Otomotif Desain 2017
  4. Juara 1 DIY – Jateng Mechanical Skill Contest 2017
  5. Juara 1 DIY LKS Otomotif – TSM 2017
  6. Juara 1 LKS TBSM SMK se-DIY 2017
  7. Juara 1 DIY – Jateng Olimpiade Komputer 2016
  8. Juara 1 Nasional Kreasi Batik Kemenperindag 2015
  9. Juara IV Nasional Skill Contest 2017
Gambar. Beberapa Prestasi SMK Muhim

D. Pendaftaran
1. Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran dengan dilampiri :
  • Fotokopi raport SMP/ MTS
  • Fotokopi ijazah SMP/ MTS yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah (menyusul)
  • Menyerahkan SKHUN Asli SMP/ MTS (menyusul)
  • Fotokopi piagam/ sertifikat kejuaraan bila ada
  • Foto hitam putih ukuran 3x4 (6 lembar)
  • Usia tidak lebih dari 21 tahun

2. Proses PPDB
  • Pengisian dan pengembalian formulir pendaftaran. Formulir pendaftaran dapat diisi Disini
  • Tes wawancara dengan orang tua atau wali
  • Daftar ulang

E. Informasi Pendaftaran
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubung :
  1. Juan Prasetyadi, S.Pd (guru produktif TKR) melalui SMS atau WA pada nomor 087738974191
  2. Hafiz Arif Syahriar, S.Pd (guru produktif TBSM) melalui SMS atau WA pada nomor 085799041947

0 Response to "Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Muhammadiyah 1 Imogiri Tahun Ajaran 2018/2019"

Post a Comment