Pengertian Motor Listrik dan Kegunaannya

Motor listrik sudah tidak asing lagi bagi kita karena motor listrik ini akan sering ditemui di kehidupan sehari-hari, misalnya pada kendaraan. Di dalam kendaraan terdapat beberapa motor listrik yang digunakan dengan tujuan yang berbeda-beda.

Motor listrik ini termasuk di dalam peralatan konversi energi karena kerja dari motor listrik ini menggunakan energi listrik untuk menghasilkan energi gerak atau lebih mudahnya merubah energi listrik menjadi energi gerak (mekanik).

Sehingga dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa motor listrik berfungsi untuk merubah energi listrik menjadi energi mekanik atau gerak.

Prinsip kerja motor listrik
Motor listrik memanfaatkan sifat-sifat magnet, yaitu apabila ada dua buah kutub magnet yang senama saling didekatkan akan terjadi gaya tolak menolak dan apabila ada dua buah kutub magnet yang tidak senama didekatkan maka akan terjadi gaya tarik menarik.

Motor listrik secara umum menggunakan dua buah tipe magnet yaitu magnet permanen dan magnet buatan. Magnet permanen ini pada umumnya dipasang pada dudukan yang tetap sedangkan magnet buatan ini dipasangkan pada poros yang dapat berputar.

Magnet buatan ini pada umumnya terpasang di dalam magnet permanen, atau lebih mudahnya magnet permanen diletakkan pada tabung dan di dalam tabung terdapat poros yang pada poros tersebut terdapat magnet buatan.

Magnet buatan dihasilkan secara elektromagnet yaitu magnet dihasilkan dengan cara mengalirkan arus listrik pada sebuah kumparan.

Suatu kumparan (coil) yang dialiri arus listrik maka akan timbul medan magnet pada sekeliling kumparan tersebut, dan untuk memperkuat medan magnet yang dihasilkan ini maka di dalam kumparan dipasangkan sebuah inti besi.

Ketika kumparan yang terpasang pada poros dialiri arus listrik maka pada kumparan tersebut akan timbul gaya megnet. Gaya magnet pada kumparan yang terpasang pada poros akan saling tolak menolak atau saling tarik menarik dengan gaya magnet yang terpasang pada tabung sehingga akan membuat poros dapat berputar.

Kegunaan motor listrik pada kendaraan
Di dalam sebuah kendaraan bila anda perhatikan maka akan ada beberapa motor listrik yang di manfaatkan pada kendaraan tersebut. Motor-motor listrik yang digunakan atau dimanfaatkan pada kendaraan diantaranya adalah :
  1. Motor starter, motor starter terdapat pada tipe electric starter digunakan untuk menstarter kendaraan atau untuk memutarkan poros engkol pertama kali untuk menghidupkan mesin.
  2. Motor kipas pendingin, motor kipas pendingin terdapat pada tipe kipas peningin elektrik yaitu motor listrik ini berfungsi untuk memutarkan kipas pendingin.
  3. Motor wiper, motor wiper pada kendaraan mobil berfungsi untuk menggerakkan wiper agar wiper dapat bekerja membersihkan kaca mobil dari kemungkinan kotor atau adanya air yang dapat mengganggu pandangan pengendara.
  4. Motor washer, motor washer pada kendaraan mobil berfungsi untuk membantu kinerja dari wiper untuk membersihkan kaca. Motor washer ini akan memompakan air sehingga air dapat disemprotkan ke kaca kendaraan.
  5. Pompa bensin elektrik, pada pompa bensin elektrik yang menggunakan sebuah motor listrik, motor listrik ini berfungsi untuk memompakan bahan bakar agar bahan bakar memiliki tekanan tertentu dan dapat dialirkan ke sistem bahan bakar.

0 Response to "Pengertian Motor Listrik dan Kegunaannya"

Post a Comment