Fungsi Water Jacket pada Sistem Pendingin

Pada sebuah motor atau mesin bakar pembakaran dalam, tenaga gerak dari mesin tersebut dihasilkan melalui proses pembakaran di dalam mesin.

Temperatur dari mesin harus dijaga agar tidak terlalu panas (overheat). Apabila mesin terlalu panas maka justru akan menimbulkan beberapa dampak negatif untuk mesin, seperti dapat merusakkan komponen-komponen di dalam mesin.

Oleh sebab itu, pada mesin selalu dilengkapi dengan sistem pendinginan untuk menjaga agar temperatur mesin dapat stabil pada temperatur kerjanya.

Terdapat dua macam sistem pendingin yang umumnya digunakan yaitu sistem pendingin dengan menggunakan udara dan sistem pendingin yang menggunakan air.

Water jacket merupakan salah satu bagian dari sistem pendingin yang menggunakan air. Water jacket atau mantel air terletak di dalam mesin. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

Fungsi water jacket adalah sebagai jalur air pendingin saat bersirkulasi di dalam mesin. Air pendingin yang bersirkulasi pada water jacket ini nantinya akan menyerap panas pada mesin secara langsung.

Panas yang dibawa oleh air pendingin ini nantinya akan dibuang keluar saat air pendingin mengalir ke radiator.

Air pendingin yang sudah didinginkan akan disalurkan kembali ke dalam mesin untuk menyerap panas kembali.

Kerusakan yang sering terjadi pada water jacket
Kerusakan yang sering terjadi pada water jacket di dalam mesin ini adalah saluran water jacket yang mengalami korosi atau berkarat.

Penggunaan air pendingin biasa pada sistem pendinginan ini akan mempengaruhi terjadinya karat pada saluran water jacket. Oleh sebab itu, dianjurkan menggunakan coolant untuk air pendingin yang digunakan.

Namun ketika kendarran sudah menggunakan air biasa bertahun-tahun dan kemudian diganti dengan coolant maka akan timbul beberapa masalah.

Apabila korosi yang terjadi pada saluran water jacket sudah sangat parah, penggantian air pendingin dengan coolant justru akan membuat terjadinya kebocoran sistem pendingin.

Kebocoran sistem pendingin terjadi dikarenakan pada coolant terdapat zat additif yang berfungsi untuk menghilangkan dan membersihkan karat.

Bagian saluran water jacket yang berkarat akan terkelupas sehingga apabila karat yang terjadi sudah sangat parah akan menyebabkan kebocoran.

Maka apabila ingin mengganti air pendingin biasa menjadi coolant, hal yang harus dilakukan pertama adalah periksa terlebih dahulu kondisi dari water jacket yang berada di dalam mesin.

1 Response to "Fungsi Water Jacket pada Sistem Pendingin"