Fungsi Gasket Kepala Silinder

Mesin merupakan bagian dari kendaraan yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga putaran melalui proses pembakaran campuran udara dan bahan bakar di dalamnya.

Beberapa bagian dari mesin adalah kepala silinder dan blok silinder. Pada bagian kepala dan blok silinder terdapat bagian yang digunakan sebagai tempat pembakaran campuran udara dan bahan bakar (ruang bakar).

Gasket atau packing kepala silinder terpasang diantara kepala silinder dan blok silinder yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran kompresi, kebocoran gas pembakaran, air pendingin dan oli.

Apabila terjadi kebocoran kompresi dan kebocoran gas pembakaran maka tenaga maksimal pembakaran tidak akan tercapai, sedangkan apabila terjadinya kebocoran oli maka lama-kelamaan oli pelumas akan habis sehingga fungsi dari sistem pelumasan tidak akan tercapai, sedangkan apabila terjadinya kebocoran air pendingin maka air yang bocor ini dapat berkemungkinan masuk ke dalam mesin dan bercampur dengan oli sehingga bagian-bagian dari mesin dapat berkarat dan fungsi dari sistem pelumasan dan pendinginan tidak akan tercapai dengan baik.

Gasket ini harus memiliki ketahanan terhadap panas dan tekanan pada saat mesin beroperasi.

Pada umumnya gasket terbuat dari bahan carbonclad sheet steel (gabungan karbon dengan lempengan logam).

Bagian karbon melekat dengan graphite yang berfungsi untuk mencegah kebocoran gas diantara kepala silinder dengan blok silinder serta untuk menambah kemampuan melekat pada gasket.

Penggantian gasket kepala silinder
Apabila gasket kepala silinder telah rusak maka harus diganti dengan yang baru. Langkah-langkah penggantian gasket kepala silinder yaitu :
  1. Gunakan gasket kepala silinder baru yang sesuai dengan mesin.
  2. Sebelum memasang gasket, pastikan permukaan kepala silinder dan blok silinder dalam kondisi bersih dan kering tidak ada air atau oli atau gemuk. Pemberian oli atau gemuk pada gasket dapat mengakibatkan terjadinya kebocoran.
  3. Pasang gasket dengan posisi yang benar (jangan sampai terbalik).

0 Response to "Fungsi Gasket Kepala Silinder"

Post a Comment