Perbedaan Motor Bakar dan Motor Listrik

Dalam kehidupan sehari-hari, peran motor sangat vital. Motor digunakan untuk membantu mempercepat dan mempermudah pekerjaan.

Motor merupakan suatu alat yang digunakan sebagai penggerak. Beberapa motor yang sering digunakan yaitu motor bakar dan motor listrik.

Kedua motor tersebut merupakan alat konversi energi karena merubah energi tertentu (berdasarkan sumber energi yang digunakan) menjadi energi yang lain (dalam hal ini menjadi energi gerak).

Adapun beberapa perbedaan dari motor bakar dan motor listrik diantaranya adalah :
1. Berdasarkan sumbar tenaga yang digunakan
Motor bakar
Pada motor bakar, sumber tenaga atau energi yang digunakan untuk dirubah menjadi energi gerak adalah berasal dari energi panas. Energi panas ini di dapatkan dari proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara.

Motor listrik
Pada motor listrik, sumber tenaga atau energi yang digunakan untuk dirubah menjadi energi gerak adalah berasal dari energi listrik.

2. Berdasarkan prinsip kerjanya
Motor bakar
Prinsip kerja dari motor bakar (motor bakar pembakaran dalam) terdiri dari empat langkah yaitu langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha dan langkah buang.

Motor bakar pembakaran dalam dibedakan menjadi dua jenis yaitu motor bensin dan motor diesel. Untuk langkah kerja pada motor bensin antara lain :

Pada saat langkah hisap, campuran bahan bakar dan udara dihisap masuk ke dalam ruang bakar.

Pada langkah kompresi, campuran bahan bakar dan udara dimampatkan dari volume besar menjadi volume yang lebih kecil sehingga tekanan dan temperaturnya meningkat.

Pada langkah usaha, pada saat ini busi akan memercikkan bunga api sehingga akan membakar campuran bahan bakar dan udara. akibat terjadinya pembakaran ini akan timbul ledakan hasil pembakaran yang akan mendorong piston untuk bergerak dari TMA ke TMB.

Pada langkah buang, gas hasil pembakaran akan dibuang keluar dari ruang bakar.

Sedangkan untuk motor diesel, langkah kerjanya hampir sama dengan motor bensin namun perbedaannya hanya pada saat langkah hisap hanya udara yang dihisap dan dikompresikan pada langkah kompresi, kemudian saat langkah usaha untuk menyebabkan terjadinya pembakaran maka nozzle menginjeksikan bahan bakar sehingga terjadi pembakaran.

Motor listrik
Prinsip kerja motor listrik memanfaatkan sifat-sifat dari magnet yaitu apabila dua buah magnet yang memiliki kutub yang berbeda saling didekatkan maka akan saling tarik menarik dan apabila dua buah magnet yang memiliki kutub yang senama maka akan saling tolak menolak.

Oleh sebab itu, pada motor listrik terdapat dua buah magnet, yaitu magnet yang posisinya tetap dan magnet yang dapat berputar (atau sering disebut dengan armature).

3. Berdasarkan polusi udara yang ditimbulkan
Motor bakar
Karena motor bakar untuk menghasilkan tenaga memerlukan proses pembakaran maka pada saat langkah pembakaran ini terjadi maka akan timbul gas hasil pembakaran yang salah satunya adalah karbon dioksida.

Karbon dioksida merupakan salah satu polusi udara yang diakibatkan oleh motor bakar.

Motor bensin
Berbeda dengan motor bakar, karena pada motor bensin sumber tenaga yang digunakan adalah berasal dari energi listrik sehingga polusi udara yang ditimbulkan sama sekali tidak ada.

0 Response to "Perbedaan Motor Bakar dan Motor Listrik"

Post a comment