Fungsi dan Tujuan Tune Up


Setiap kendaraan yang digunakan untuk beroperasional, lama kelamaan kondisi performa kendaraan tersebut akan menurun.

Oleh karena itu setiap kendaraan yang digunakan diharuskan untuk dilakukan perawatan. Perawatan dalam kurun waktu tertentu dan dilakukan secara rutin disebut dengan tune up atau juga sering disebut dengan istilah servis berkala.

Tune up merupakan kegiatan pemeriksaan, penyetelan, penggantian, perbaikan, pembersihanan komponen-komponen mesin kendaraan sebagai tindakan untuk merawat kendaraan  secara rutin atau berkala agar kinerja mesin dapat selalu optimal dan berada pada performa terbaiknya.

Melakukan tune up kendaraan secara rutin akan memberikan manfaat, diantara fungsi dan tujuan tune up kendaraan diantaranya adalah :

1. Memaksimalkan performa mesin
Salah satu fungsi dari tune up kendaraan yang pertama adalah memaksimalkan performa mesin. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa kendaraan yang terus dipakai lama-kelamaan akan menurun performanya, sehingga dengan melakukan pekerjaan tune up akan membuat performa mesin meningkat atau performa mesin maksimal.

2. Menjaga kondisi dari mesin agar tetap awet
Fungsi tune up yang kedua adalah untuk menjaga kondisi mesin tetap awet. Perawatan kendaraan yang dilakukan secara rutin akan membuat kondisi komponen-komponen mesinnya berumur lebih lama dibandingkan kendaraan yang jarang dirawat.

3. Menghindari kerusakan yang lebih parah
Fungsi tune up yang ketiga adalah untuk menghindari kerusakan komponen-komponen mesin lainnya yang lebih parah.

Ketika kondisi mesin sudah menurun dan komponen-komponen mesin sudah minta diganti atau disetel kembali namun pemilik tidak melakukannya maka justru hal tersebut akan membuat komponen-komponen mesin lainnya akan mengalami kerusakan.

Oleh sebab itulah tune up harus dilakukan untuk menghindari kerusakan komponen-komponennya lebih parah.

4. Memastikan semua kondisi mesin dalam kondisi baik
Fungsi tune up yang keempat adalah untuk  memastikan kondisi mesin selalu dalam keadaan baik sesuai dengan nilai spesifikasinya yang artinya kendaraan selalu siap kapan saja ketika akan digunakan.

Contohnya, ketika akan menhidupkan kendaraan sekali melakukan starter kendaraan langsung hidup dan tidak perlu melakukan starter berulang-ulang.

5. Menghemat biaya perawatan kendaraan
Fungsi tune up yang kelima adalah menghemat biaya untuk perawatan dan perbaikan kendaraan.

Kenapa melakukan tune up secara berkala dapat menghemat biaya perawatan kendaraan? Hal tersebut dikarenakan dengan melakukan tune up secara berkala dapat menghindari resiko komponen-komponen mesin kendaraan lebih parah.

Ketika komponen-komponen mesin tersebut rusak parah, tentunya biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perbaikan akan bertambah.

6. Menghindari macet ketika dalam perjalanan
Fungsi tune up yang keenam adalah untuk menghindari agar kendaraan tidak macet secara tiba-tiba ketika sedang dikendarai.

Tentunya kondisi tersebut tidak kita inginkan, oleh sebab itu penting sekali melakukan perawatan kendaraan secara berkala.

0 Response to "Fungsi dan Tujuan Tune Up"

Post a Comment