Pengertian Potensi Bahaya


Setiap melakukan pekerjaan maka akan timbul yang namaya potensi bahaya. Potensi bahaya ini akan selalu ada sehingga kita dipaksa untuk selalu berhati-hati ketika melakukan seseuatu pekerjaan walaupun pekerjaan yang ringan sekalipun.

Bahaya ini akan bersifat merugikan baik untuk manusianya, benda kerjanya, alat kerjanya atau lingkungan di sekitarnya.

Oleh sebab itu untuk mencegah agar tidak terjadi bahaya saat proses kerja maka anda perlu tahu apakah yang dimaksud dengan potensi bahaya? Dan apa saja potensi bahaya itu?

A. Pengertian potensi bahaya
Potensi bahaya atau juga disebut dengan istilah Hazard and Risk, dimana hazard sendiri artinya adalah potensi sedangkan risk artinya adalah resiko atau peluang.

Sehingga hazard and risk dapat berarti bahwa sesuatu kondisi dimana sesuatu hal (baik bahan, material, proses, metode atau kondisi kerja) memiliki potensi bahaya yang dapat menyebabkan manusia atau orang cidera, kerusakan lingkungan, properti kerja (bahan dan alat) atau gabungan dari ketiga aspek tersebut.

B. Macam-macam potensi bahaya
Potensi bahaya dapat dibagi menjadi beberapa macam, yaitu :
Potensi bahaya biologi (hazard biologi)
Potensi bahaya tipe ini adalah potensi bahaya yang ditimbulkan dari faktor makhluk hidup. Pada umumnya berkaitan erat dengan faktor kebersihan tempat kerja, dimana apabila tempat kerja tidak bersih maka akan terdapat banyak bakteri penyakit.

Potensi bahaya kimia (hazard kimia)
Potensi bahaya tipe ini adalah potensi bahaya yang disebabkan oleh sifat dan karakteristik kimia.

Bahan kimia yang tidak diperlakukan dengan sesuai maka dapat menimbulkan cidera tubuh, sakit atau mungkin kematian seseorang pekerja.

Potensi bahaya fisik (hazard fisik)
Potensi bahaya tipe ini adalah potensi bahaya yang disebabkan oleh faktor fisik seseorang ketika dia sedang bekerja. Misalnya ketika ketika seseorang yang sedang bekerja sedang mengalami sakit maka akan bersiko timbulnya bahaya.

Potensi bahaya ergonomi (hazard ergonomi)
Potensi bahaya tipe ini adalah potensi bahaya yang terjadi karena faktor alat kerja dan manusia (operator) nya tidak efisien.

Setiap tempat kerja atau kegiatan kerja yang dapat menimbulkan tekanan terhadap fisik maupun jiwa  atau perlakukan yang kurang tepat terhadap bagian tubuh seseorang akan berpotensi menimbulkan bahaya dalam bekerja.

Oleh sebab itu, untuk menghindarinya maka desain tempat kerja dan cara kerja agar senyaman mungkin dengan tubuh.

Potensi bahaya psikologis (hazard psikologis)
Potensi bahaya tipe ini adalah potensi bahaya yang dapat disebabkan karena  adanya konflik di dalam lingkungan kerja.

Contohnya, apabila seorang pekerja sedang memiliki masalah di dalam keluarganya dan ketika dia bekerja selalu memikirkan masalah tersebut, maka ketika dia bekerja akan menjadi tidak fokus terhadap pekerjaannya sehingga akan menimbulkan potensi bahaya.

Potensi bahaya prosedur kerja (hazard prosedur kerja)
Setiap pekerjaan tentunya akan ada prosedur kerja yang telah ditentukan untuk selalu dilaksanakan.

Apabila terjadi penyimpangan atau pelanggaran terhadap prosedur kerja maka besar kemungkinannya akan menimbulkan potensi bahaya saat bekerja.

3 Responses to "Pengertian Potensi Bahaya "