Ukuran Barel, Venturi dan Main Jet antara Primer dan Sekunder Lebih Besar yang Mana?, Ini Penjelasannya

Didalam sebuah sistem karburator tentu saja kita tidak asing dengan istilah main jet, venturi dan barel. Karburator pada mobil pada umumnya memiliki dua buah barel dimana masing-masing barel memiliki venturi dan main jet sendiri-sendiri. Barel, venturi dan main jet tersebut dibedakan menjadi primer dan sekunder, kemudian apa yang membedakan antara barel venturi dan main jet primer dan sekunder? Yang membedakan ketiganya adalah ukurannya, ukuran antara primer dan sekunder tidak sama.
Diamater lubang barel antara primer dan sekunder tidak sama, diameter lubang barel primer lebih kecil dibandingkan dengan yang sekunder. Juga untuk diameter venturi nya, venturi primer umumnya juga lebih kecil dari pada sekunder. Untuk main jet pun juga sama , lubang primery main jet juga lebih kecil dari secondary main jet. Alasan kenapa sekunder lebih besar diameter lubangnya dari pada primer? Tuntu saja ada hubungannya dengan kebutuhan konsumsi bahan bakar. Pada saluran primer bekerja pada saat mesin putaran sedang dan tinggi, sedangkan untuk saluran sekunder bekerja pada saat mesin dengan kecepatan sangat tinggi. Tentunya untuk kecepatan tinggi membutuhkan pasokan bahan bakar yang lebih banyak dari pada saat mesin berjalan dengan kecepatan sedang. Itu sebabnya kenapa barel, venturi dan main jet sekunder lebih besar dari pada yang primer. Tidak lain tidak bukan tujuannya untuk menambah pasokan bahan bakar ke ruang bakar bila kecepatan tinggi

4 Responses to "Ukuran Barel, Venturi dan Main Jet antara Primer dan Sekunder Lebih Besar yang Mana?, Ini Penjelasannya"

  1. Makasih penjelasanya sangat membantu saya yang sedang bingung

    ReplyDelete
  2. Brarti spuyer utk skunder lebih besar dari primer ya bozz..?

    ReplyDelete
  3. Berapa ukuran spuyer utk skunder dan berapa ukuran utk primer

    ReplyDelete
  4. bos mengapa ruang venturi itu mengecil bos

    ReplyDelete