Cara Kerja Transmisi Manual Synchromesh 5 Kecepatan

Transmisi melupakan komponen di sistem pemindah tenaga yang memiliki fungsi untuk merubah ratio roda giginya sesuai dengan keperluan, baik untuk kecepatan ataupun untuk menambah tenaga.
Pada transmisi manual synchronmesh 5 kecepatan, cara kerjanya antara lain :

Pada posisi netral
Pada saat transmisi pada posisi netral, tenaga putar dari poros engkol yang masuk ke input transmisi tidak akan diteruskan ke output transmisi, karena pada saat posisi netral ini synchromesh dalam keadaan tidak terhubung  atau pada posisi bebas

Posisi 1
Pada saat pengemudi menempatkan tuas transmisi pada posisi 1 maka shift fork akan menggeser synchromesh sehingga unit synchromesh akan berhubungan dengan gear tingkat 1. Saat transmisi pada posisi 1 maka putaran pada output transmisi akan lambat tetapi untuk momen yang dihasilkan pada output transmisinya sangat besar.

Posisi 2
Pada saat pengemudi menempatkan tuas transmisi pada posisi 2 maka shift fork akan menggeser synchromesh sehingga unit synchromesh akan berhubungan dengan gear tingkat 2. Saat transmisi pada posisi 2 maka putaran pada output transmisi akan lebih cepat dibandingkan dengan posisi 1 tetapi untuk momen yang dihasilkan pada output transmisinya lebih kecil dibanding transmisi pada posisi 1.

Posisi 3
Pada saat pengemudi menempatkan tuas transmisi pada posisi 3 maka shift fork akan menggeser synchromesh sehingga unit synchromesh akan berhubungan dengan gear tingkat 3. Saat transmisi pada posisi 3 maka putaran pada output transmisi akan lebih cepat dibandingkan dengan posisi 2 tetapi untuk momen yang dihasilkan pada output transmisinya lebih kecil dibanding transmisi pada posisi 2.

Posisi 4
Pada saat pengemudi menempatkan tuas transmisi pada posisi 4 maka shift fork akan menggeser synchromesh sehingga unit synchromesh akan berhubungan dengan gear tingkat 4. Saat transmisi pada posisi 4 maka putaran pada output transmisi akan lebih cepat dibandingkan dengan posisi 3 tetapi untuk momen yang dihasilkan pada output transmisinya lebih kecil dibanding transmisi pada posisi 3.

Posisi 5
Pada saat pengemudi menempatkan tuas transmisi pada posisi 5 maka shift fork akan menggeser synchromesh sehingga unit synchromesh akan berhubungan dengan gear tingkat 5. Saat transmisi pada posisi 5 maka putaran pada output transmisi akan sangat cepat dibandingkan dengan posisi transmisi lainnya tetapi untuk momen yang dihasilkan pada output transmisinya akan sangat kecil dibanding transmisi pada posisi lainnya.

Posisi R (mundur)
Pada saat pengemudi menempatkan tuas transmisi pada posisi R maka shift fork akan menggeser synchromesh sehingga unit synchromesh akan berhubungan dengan gear mundur. Antara gear mundur dan gear counter mundur dipasangkan idler gear sehingga putaran dari poros output akan berlawanan arah dengan putaran dari poros input transmisi

1 Response to "Cara Kerja Transmisi Manual Synchromesh 5 Kecepatan "

  1. info yang bermanfaat bagi saya gan, thanks sebelumnya :)

    ReplyDelete