Fungsi Kondensator Pada Sistem Pengapian Konvensional

Kondensator yang digunakan pada sistem pengapian konvensional yang menggunakan platina berfungsi untuk menyerap loncatan bunga api yang terjadi pada platina saat platina mulai membuka. Dan pada saat platina mulai menutup, maka arus yang disimpan pada kondensator akan di keluarkan dengan tujuan menambah aliran arus primer. Mengingat fungsi kondensator sangat penting pada sistem pengapian konvensional yang menggunakan platina maka perlu dilakukan pengecekan pada komponen kondensator ini.

Akibat jika pada sistem pengapian konvensional tidak menggunakan kondensator
Jika pada sistem pengapian tidak menggunakan kondensator atau kondensator mengalami kerusakan maka akan berakibat kurang baik, baik pada sirkuit primer maupun sekunder di ignition coil (koil pengapian)

1. Akibat pada sirkuit primer
Ketika platina atau kontak pemutur (breaker point) mulai membuka maka akan terjadi loncatan bunga api yang besar pada kontak platina yang akan mengakibatkan beberapa masalah, antara lain :
  • Arus pada rangkaian primer tidak akan terputus dengan cepat dan segera
  • Platina akan lebih cepat aus karena terbakar oleh percikkan loncatan api
2. Akibat pada sirkuit sekunder
Dikarenakan arus primer tidak terputus secara cepat maka medan magnet pada koil tidak akan hilang atau jatuh dengan cepat (perubahan medan magnet dari ada menjadi tidak menjadi lambat) sehingga akan berakibat pada tegangan induksi sekunder yaitu akan menjadi rendah. Karena tegangan induksi sekunder rendah maka loncatan bunga api pada busi juga menjadi kecil.

Jadi pada sistem pengapian konvensional yang menggunakan platina bila kondensator tidak dipasang atau mengalami kerusakan maka bisa menyebabkan engine akan sulit hidup atau dinyalakan dikarenakan loncatan bunga api pada busi lemah

6 Responses to "Fungsi Kondensator Pada Sistem Pengapian Konvensional"

  1. Wahh mantaap nihh artikel nyaa, sy jadi tau fungsinya, thnks gan

    ReplyDelete
  2. Nais inpoh buat artikel ini.. sangat berguna bagi yg bergelut di bidang mesin..^^8

    ReplyDelete
  3. wah begitu to ternyata. tambah ilmunya. thanks ya

    ReplyDelete
  4. Wah benar benar info yg berguna nih gan apa lgi yg hobby motor seperti sya

    ReplyDelete