Ukuran dan Berat Kendaraan


a. Panjang keseluruhan atau overall lenght
Panjang keseluruhan atau overall lenght merupakan panjang dari sebuah kendaraan yang diukur dari bumper depan dan belakang.

b. Lebar keseluruhan atau overall width
Lebar keseluruhan atau overall width merupakan lebar dari sebuah kendaraan yang diukur dari sisi terluar termasuk diantaranya bumper, molding dan lain-lain.

c. Tinggi keseluruhan atau overall height
Tinggi keseluruhan atau overall height merupakan tinggi dari sebuah kendaraan yang diukur dari bawah sampai bagian paling atas dari kendaraan dan kendaraan dalam kondisi tidak terbebani.

d. Wheel base
Wheel base merupakan jarak yang diukur antara sumbu tengah pada axle roda depan dengan sumbu tengah axle roda belakang.

e. Tread
Tread merupakan jarak yang diukur antara bagian tengah roda kanan dan bagian tengah roda kiri.

f. Minimum running ground clearance atau jarak minimal dalam kondisi berat kotor
Minimum running ground clearance atau jarak minimal dalam kondisi berat kotor merupakan jarak yang diukur dari bawah atau lantai bila kendaraan dalam kondisi terbebani atau kendaraan dalam kondisi berat kotor.

g. Panjang ruangan atau room lenght
Panjang ruangan atau room lenght merupakan jarak yang diukur secara horizontal dari intrumen depan kendaraan sampai tempat duduk paling belakang.

h. Lebar ruangan atau room width
Lebar ruangan atau room width merupakan jarak yang diukur dari interior bodi paling kanan sampai interior bodi paling kiri.

i. Tinggi ruangan atau room height
Tinggi ruangan atau room height merupakan jarak yang diukur dalam ruangan bagian  bawah atau dari karpet bawah sampai keatap.

j. Overhang front 
Overhang front merupakan jarak yang diukur dari sumbu roda bagian roda depan sampai ujung paling depan kendaraan.

k. Overhang rear
Overhang rear merupakan  jarak yang diukur dari sumbu roda bagian roda belakang sampai ujung paling belakang kendaraan.

l. Angle of approach
Angle of approach merupakan sudut yang dibentuk antara bagian bawah kendaraan atau lantai dengan garis bagian tengah dari roda ke titik persinggungan pertama yaitu bumber, fender atau bagian-bagian lainnya kecuali plat nomor pada bagian depan kendaraan.

m. Angle of departure
Angle of departure merupakan sudut yang dibentuk antara bagian bawah kendaraan atau lantai dengan garis bagian tengah dari roda ke titik persinggungan pertama yaitu bumber, fender atau bagian-bagian lainnya kecuali plat nomor pada bagian belakang kendaraan.

n. Curb weight
Curb weight merupakan berat kosong kendaraan tanpa adanya pengemudi maupun barang-barang muatan didalam kendaraan, tetapi berat kosong ini termasuk berat maksimum bahan bakar didalam tangki, berat ban serep dan peralatan-peralatan lainnya.

o. Gross vehicle weight
Gross vehicle weight merupakan berat total maksimum dari kendaraan yang diizinkan yang didasarkan dari kekuatan bahan pembuat kendaraan dan aturan-aturan dari hukun tentang kendaraan.


Sumber : New Step 1

1 Response to "Ukuran dan Berat Kendaraan"