Cara Kerja Vacuum Advancer

Saat kendaraan pada kondisi beban rendah dan menengah, maka kecepatan campuran antara bahan bakar dan udara juga rendah dikarenakan engine bekerja pada putaran rendah dan campuran bahan bakar dan udara masih kurus serta temperatur kerja dari engine masih rendah, oleh sebab itu waktu yang diperlukan untuk pembakaran menjadi lebih lama. Untuk mendapatkan tekanan maksimum pembakaran tetap bisa dekat sesudah TMA maka saat pengapian perlu dimajukkan. Pengajuan ini dilakukan oleh sistem vacuum advancer.
Keterangan
  1. Plat dudukan platina
  2. Pull rod atau batang penarik
  3. Membran atau diafragma
  4. Spring atau pegas
  5. Langkah maksimum
  6. Sambungan selang vacum
Cara Kerja dari sistem vacuum advancer
1. Saat vacuum advans tidak bekerja (pada saat idle dan beban penuh)
Pada saat katup throttle gas terbuka penuh maka kevakuman dibawah katup throttle gas menjadi rendah dan juga pada saat posisi idle saluran vacum advans tertutup sehingga membran atau diafragma tidak akan tertarik. Karena membran atau diafragma tidak tertarik maka plat dudukan platina tidak bergerak atau masih dalam posisi semula sehingga pengapian tidak akan dimajukkan oleh vacuum advancer

2. Saat vacuum advans bekerja (pada saat beban rendah dan menengah)
Pada saat katup throttle gas terbuka sedikit maka kevakuman dibawah katup throttle menjadi tinggi dan juga saluran vacuum advans sudah terbuka sehingga membran atau diafragma tertarik. Karena membran atau diafragma tertarik maka plat dudukan platina berputar maju berlawanan arah dengan putaran cam governor sehingga akibatnya saat pengapian akan maju

Kondisi vacuum pada saluran vacuum advancer
Saat Idle
Kevacuman terbesar terjadi dibawah katup throttle gas. Kevacuman ini belum mencapai saluran vacuum advans, sehingga membran atau diafragma tidak akan tertarik oleh kevacuman, oleh karena itu vacuum advancer tidak bekerja.

Saat beban rendah dan menengah
Kevacuman telah mencapai daerah saluran vacuum advans sehingga membran atau diafragma akan tertarik oleh kevakuman ini, oleh karena itu vacuum advancer akan bekerja.

Saat beban penuh
Saat katup throttle gas dibuka penuh maka kevakuman akan menjadi kecil sehingga kevacuman ini tidak akan mampu menarik membran dan diafragma, karena itu vacuum advancer tidak bekerja.

7 Responses to "Cara Kerja Vacuum Advancer"

  1. Gitu ya cara kerja vakum advancer... baru tau... bisa buka bengkel sendiri nich...

    ReplyDelete
  2. Gitu ya cara kerja vakum advancer... baru tau... bisa buka bengkel sendiri nich...

    ReplyDelete
  3. gimana cara membersihkan lubang vacum advancer pada karburator yg tersumbat

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau membersihkan bagian saluran lubang-lubang yang tersumbat sebaiknya gunakan udara bertekanan.

      Delete
  4. Vakuum advancer seharusnya memundurkan pengapian ? Postingan minmin kok vakuum advancer memajukan pengapian? Gimana sih yang jelas min..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Advancer itu artinya memajukan, salah kaprah kalo dibilang memundurkan. Ketika vacum advancer bekerja yaitu ketika kendaraan berjalan pada tempat menanjak atau beban penuh maka pengapian akan dimajukan untuk menghasilkan proses pembakaran yang maksimal namun ketika vacum advancer tdk bkerja maka saat pengapian dikembalikan seperti semula.

      Delete