Pengkutuban Elektroda Las

Pada mesin las DC maka diperlukan adanya pengkutuban pada mesin las dan elektrodanya karena memiliki 2 kutup yaitu kutup positif dan kutub negatif, sedangkan untuk mesin las AC tidak memerlukan pengkutuban karena arus AC berbentuk arus bolak balik sehingga tidak memerlukan pengkutuban.

Pengaruh pemilihan dari pengkutuban elektroda ini berpengaruh terhadap tembusan hasil lasnya, sehingga perlu diperhatikan saat melakukan pengkutuban elektroda pada mesin las DC.

Untuk pemilihan jenis arus yang digunakan dan pengutuban elektroda pada saat melakukan pengelasan bergantung dari beberapa faktor, yaitu :

  1. Jenis dari bahan dasar yang hendak dilas
  2. Jenis elektroda yang digunakan untuk mengelas

Pengkutuban elektroda dilakukan dengan dua cara yaitu pengkutuban terbalik dan pengkutuban langsung

Pengkutuban langsung
Pada pengkutuban elektroda secara langsung, kabel elektroda dipasang pada terminal negatif pada mesin las sedangkan kabel massa dipasangkan pada terminal positif mesin las. Pengkutuban langsung juga bisa disebut dengan sirkuit las listrik dengan elektroda negatif atau DC -.

Bila menggunakan pengkutuban secara langsung maka akan berakibat penembusan yang dangkal pada hasil las-lasannya

Pengkutuban terbalik
Pada pengkutuban elektroda secara terbalik, kabel elektroda dipasang pada terminal positif pada mesin las sedangkan kabel massa dipasangkan pada terminal negatif mesin las. Pengkutuban terbalik juga bisa disebut dengan sirkuit las listrik dengan elektroda positif atau DC +.

Bila menggunakan pengkutuban secara terbalik maka akan berakibat penembusan yang dalam pada hasil las-lasannya

.

2 Responses to "Pengkutuban Elektroda Las"