Contoh Soal dan Jawaban Perawatan Mesin Kendaraan 1

Soal : Apakah yang dimaksud dengan putaran idle ?
Jawaban : Putaran idle adalah putaran mesin saat posisi katup gas/ throttle gas menutup atau kondisi mesin tanpa beban.

Soal : Apakah fungsi sistem akselerasi pada karburator ?
Jawaban : Sistem akselerasi pada karburator berfungsi untuk menambah suplai bahan bakar bensin saat pedal gas diinjak secara tiba-tiba.

Soal : Apakah fungsi sistem cuk pada karburator?
Jawaban : Sistem cuk berfungsi untuk menambah suplai bahan bakar bensin saat kondisi mesin masih dalam keadaan dingin agar campuran bensin dan udara menjadi kaya.

Soal : Apakah fungsi dari katup termostatik pada karburator?
Jawaban : Katup termostatik pada karburator berfungsi untuk menghindari campuran bahan bakar dengan udara menjadi kaya, ketika terjadi penguapan bahan bakar bensin di dalam ruang pelampung.

Soal : Apakah fungsi katuo selenoid pada karburator?
Jawaban : Katup selenoid pada karburator berfungsi untuk menghindari terjadinya dieseling yaitu keadaan dimana mesin masih menyala beberapa saat ketika kunci kontak diputar ke posisi off atau katup selenoid berfungsi menutup aliran bahan bakar di dalam karburtor agar tidak mengalir ke ruang bakar ketika kunci kontak off.

Soal : Sebutkan komponen-komponen dari sistem bahan bakar bensin konvensional?
Jawaban : Komponen-komponen sistem bahan bakar bensin konvensional antara lain tangki bensin, pompa bensin, filter bensin, selang bensin, karburator.

Soal : Jelaskan fungsi dari pompa bensin pada kendaraan konvensional?
Jawaban : Pompa bensin (Fuel pump) berfungsi untuk memompa bensin dari tangki bensin menuju ke ruang pelampung pada karburator

Soal : Jelaskan fungsi dari filter bensin ?
Jawaban : Filter bensin (Fuel filter) berfungsi untuk menyaring bahan bakar dari kotoran dan debu yang ada pada bahan bakar tersebut agar kotoran dan debu tidak mengganggu (menyumbat)  kinerja komponen-komponen sistem bahan bakar lainnya.

Soal : Sebutkan tipe-tipe karburtor berdasarkan aliran udara masuknya ?
Jawaban : Tipe-tipe karburator berdasarkan aliran udaranya antara lain karburator arus turun, karburator arus naik dan karburator arus datar.

Soal : Apakah yang dimaksud dengan venturi ?
Jawaban : Venturi yang terdapat di dalam karburator berfungsi untuk mempercepat aliran udara yang masuk dengan jalan memperkecil ruangan masuknya udara. Ketika aliran udara yang masuk semakin cepat maka tekanan udara akan menurun (semakin vakum).

Soal : Apakah asas kerja yang digunakan pada karburator?
Jawaban : Pada karburator menggunakan asas kerja bernoulli.

Soal : Apakah nama komponen di bawah ini :
Jawaban : Nama komponen pada gambar diatas adalah filter bensin.

Soal : Apakah nama komponen di bawah ini :
Jawaban : Nama komponen pada gambar diatas adalah pompa bensin mekanik.

Soal : Jelaskan akibat penyetelan celah pelampung yang terlalu renggang (besar)?
Jawaban : Bila celah pelampung terlalu renggang akan mengakibatkan permukaan bensin didalam ruang pelampung terlalu tinggi atau sering disebut dengan istilah banjir.

Soal : Jelaskan cara kerja dari sistem pelampung ?
Jawaban : Cara kerja sistem pelampung ketika permukaan bensin berkurang yaitu akan membuat pelampung turun sehingga katup jarum akan membuka saluran masuk bensin dan membuat bensin masuk ke dalam ruang pelampung. Ketika permukaan bensin sesuai maka pelampung akan naik dan membuat katup jarum menutup sehingga bensin akan tertahan/ tidak bisa mengalir ke dalam ruang pelampung.



0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Perawatan Mesin Kendaraan 1"

Post a Comment