Mesin Tidak Stabil dan Bergetar Ketika AC Hidup, Kenali Sebabnya

Cuaca yang panas akan membuat pengendaraan menjadi tidak nyaman. Untuk membuat nyaman maka perlu dilakukan pengaturan suhu didalam mobil. Pengaturan suhu ini dilakukan dengan menggunakan AC (Air Conditioner). Pada iklim di indonesia yang hanya memiliki iklim hujan dan kemarau, dan cuaca nya tidak begitu dingin melainkan sering panas maka AC pada mobil di Indonesia biasanya hanya dilengkapi dengan cooling (pendingin), dan tidak dilengkapi dengan heater (pemanas).

Banyak kasus yang terjadi pada sistem AC, salah satunya adalah ketika AC dinyalakan, mesin terasa bergetar dan tidak stabil. Jika masalah tersebut terjadi pada anda, maka yang pertama jangan panik. Penyebab mesin menjadi bergetar dan tidak stabil saat AC dinyalakan, bisa disebabkan karena masalah pada sistem idle up. Untuk menyakinkan bahwa apakah yang bermasalah itu memang pada sitem idle upnya maka anda dapat melakukan pemeriksaan sederhana, yaitu coba matikan AC dan periksa apakah mesin masih bergetar atau tidak. Kemudian nyalakan AC, apakah putaran mesin naik ato tidak. Jika tidak, maka masalahnya memang di sistem idle upnya.

Jika AC nyala seharusnya sistem idle up bekerja untuk menaikkan putaran mesin, misalnya putaran stasioner mesin adalah 800 rpm, ketika AC dinyalakan seharusnya putaran mesin naik sekitar 1000 rpm.

Sistem idle up ini tidak bekerja bisa jadi karena sistem sensor dan aktuator yang tidak bekerja. Masalah yang lain ditimbulkan jika idle up tidak bekerja bukan hanya akan membuat mesin bergetar tapi juga bisa saja AC menjadi kurang dingin. Logikanya kenapa jika idle up tidak bekerja akan membuat mesin tidak stabil dan bisa mati, itu disebabkan karena jika AC on maka beban akan bertambah, yaitu beban untuk memutarkan kompresor AC. Karena kompresor AC berputar dengan rpm yang rendah maka kemampuan kompresor untuk memberikan tekanan pada freon (refrigerant) untuk bersirkulasi menjadi lemah juga sehingga AC menjadi kurang dingin.

Maka dari itu, jika sistem idle up sudah dipastikan tidak bekerja langsung lakukan langkah perbaikan pada bengkel-bengkel servis terdekat.

0 Response to "Mesin Tidak Stabil dan Bergetar Ketika AC Hidup, Kenali Sebabnya"

Post a Comment