Cvt Motor Matic Bunyi dan Kenali Gejala-Gejala Lainnya

Berbicara mengenai sepeda motor matic, sudah tentu anda tahu apa itu motor matic. Motor matic yang kian hari banyak yang menggunakan karena dirasa lebih nyaman daripada motor bebek karena tidak diperlukan lagi melakukan perpindahan gigi secara manual. Motor matic tidak memakai rantai seperti pada motor bebek atau motor sport untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda, melainkan untuk menyalurkan tenaga tersebut pada motor matic memakai CVT (Continous Variable Transmission). Dalam CVT terdapat banyak komponen-komponen, komponen-komponen pada CVT tersebut yaitu seperti sabuk (v-belt), roller, per CVT, Kopling sentrifugal, puli CVT dan lain-lain.


Jika komponen-komponen pada CVT tersebut mengalami kerusakan atau sudah mulai aus maka akan timbul beberapa gejala, yang diantaranya adalah timbul suara bunyi yang tak wajar. Adapaun kerusakan yang sering timbul pada CVT motor matic antara lain :

Rumah Roller
Rumah roller merupakan jalur tempat roller bergerak. Rumah roller lama-kelamaan akan aus. Jika rumah roller sudah aus maka akibatnya tarikan gas terasa berat dan juga bisa terdengar bunyi pada bagian depan CVT. Rumah roller akan cepat mengalami keausan jika  prilaku saat berkendara salah atau beban seaat berkendara berlebihan (overload). Untuk melindungi agar rumah roller ini tidak cepat aus maka beri pelumasan gemuk pada alur roller.

Roller
Masalah roller yang rusak peyang atau pecah sering terjadi. Gejala ini ditunjukkan dengan terdengarnya bunyi krecek-krecek dari bagian depan sistem CVT. Roller yang mengalami keadaan aus yang lebih cepat dapat disebabkan oleh prilaku pengendara yang tidak tepat. Untuk melindungi agar roller ini tidak cepat aus maka beri pelumasan gemuk pada roller.

Damper teflon atau slide pieces
Slide pieces berguna untuk meredam getaran dari rumah roller. Jumlah komponen slide pieces ada 3 buah yang dipasangkan dirumah roller.  Bila slide piece ini rusak maka akan terdengar bunyi seperti suara klo-klok pada saat motor stasioner (idle). Disarankan pada saat penggantian roller, komponen slide pieces ini juga sebaiknya ikut diganti.

V-belt
V-belt merupakan sabuk yang terbuat dari bahan karet yang berfungsi untuk meneruskan putaran dari poros engkol agar sampai ke roda belakang. V-belt selalu terkena panas bila kendaraan beroperasi sehingga lama-kelamaan v-belt akan mengalami getas (karet menjadi keras). Penggantian v-belt sudah adaperiode waktunya, lakukan penggantian sesuai dengan jadwalnya. Jika v-belt tidak dirawat maka bisa-bisa v-belt dapat pustus sewaktu-waktu. Jika v-belt putus maka dapat merusakkan komponen-komponen CVT lainnya disamping tenaga putar dari poros engkol tidak disalurkan ke roda belakang.

Kampas kopling sentrifugal
Bila kampas kopling habis (tipis) maka akan terdengar bunyi berdecit pada bagian belakang CVT. Selain itu yang menandakan kampas kopling sudah tipis adalah tenaga mesin yang terasa lost (tidak bertenaga) ketika motor digas. Jika kampas kopling habis maka solusinya adalah ganti kampas kopling.

Mangkok kopling sentrifugal
Perilaku berkendara yang salah, yaitu dengan buka gas mendadak dan tau-tau langsung mengerem, atau mengegas tapi tuas rem ditarik, maka akan berakibat salah satunya pada mangkok kopling sentrifugalnya menjadi peyang. Selain itu juga akan membuat kampas kopling cepat aus. Jika hal itu terjadi maka tenaga dari mesin tidak akan disalurakn ke roda belakang secara maksimal atau tenaga lost.
Karet damper kampas kopling
Komponen ini memiliki ukuran yang kecil sehingga terlihat tak penting, namun sebenarnya komponen ini memiliki fungsi untuk meredam getaran pada kampas kopling saat terhubung. Gejala yang timbul jika karet damper kampas rusak yaitu tentu saja akan dirasakan getaran pada bagian belakang CVT dan juga bisa jadi akan terdengar suara gredek-gredek.

Slideng shave
Kebiasaan buruk dengan mengentak-hentakan gas, tentu saja akan mempengaruhi komponen sliding shave. Sliding shave menjadi cepat rusak (tidak lancar) sehingga akan menimbulkan suara gredek-gredek sewaktu mengegas.

Bearing sliding shave
Gejala yang terjadi jika bearing sliding shave aus atau rusak maka akan terdengar bunyi mendengung ketika gas ditutup. Jika kerusakan bearing sliding shave ini tidak segera diperbaiki maka akan merusak komponen lainnya yaitu gear box gardannya.

Per CVT
Jika per CVT lemah maka akan berakibat apabila anda melakukan akselerasi maka terasa tenaganya kurang atau ngelost. Sehingga pemeriksaan per CVT juga perlu diperhatikan.

Bearing gear box
Jika bearing gear box mengalami masalah maka gejalanya akan terasa tarikan gas berat dan terdengar suara ngung pada bagian belakang CVT. Maka jika terjadi gejala tersebut lakukanlah pemeriksaan pada bearing gearboxnya juga, agar kerusakan ini tidak merambat pada komponen lainnya seperti as roda.

Gear rasio
Gear rasio pada gear box juga dapat mengalami kerusakan jika penggantian oli gear box tidak rutin dilakukan, dan juga pada keadaan hujan air dapat berkemungkinan masuk kedalam gear box melalui lubang hawa. Sehingga penggantian oli gearbox harus dilakukan secara rutin.

0 Response to "Cvt Motor Matic Bunyi dan Kenali Gejala-Gejala Lainnya"

Post a Comment