Kenali Sebab Mobil Ngebul

Sering kita jumpai kendaraan yang mengeluarkan asap atau sering disebut dengan istilah “Ngebul” dijalanan. Kendaraan ngebul bisa menjadi masalah atau malah memang bukan masalah tapi kalo kendaraan itu tidak ngebul malah menjadi masalah. Kenapa demikian? Untuk mengetahui apakah kendaraan ngebul itu masalah atau bukan maka kita perlu mempelajari tentang dasar-dasar otomotif mengenai motor 4 tak dan motor 2 tak. Pada umumnya mobil menggunakan prinsip kerja motor 4 tak sehingga jika mobil ada mobil ngebul tentu saja menjadi masalah. Berbeda dengan sepeda motor, pada sepeda motor masih ada yang menggunakan prinsip kerja motor 2 tak sehingga bila sepeda motor itu ngebul bisa berarti bukan masalah.

Ngebul itu artinya kendaraan mengeluarkan asap dari knalpot, asap tersebut bisa berwarna putih dan bisa berwarna hitam. Ngebul dengan asap putih menandakan bahwa pada proses pembakaran oli ikut terbakar sedangkan bila ngebul dengn asap hitam menandakan bahwa campuran bahan bakar dan udara kaya saat dibakar sehingga menghasilkan HC (hidrocarbon) yang lebih banyak. Mobil yang ngebul warna hitam dapat ditangani atau diperbaiki dengan menservis dan menyetel campuran bahan bakar dan udaranya sedangkan mobil yang ngebul warna putih maka harus dicari penyebab oli dapat ikut terbakar. Oli mesin dapat masuk ke dalam ruang bakar dan ikut terbakar bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain :
  1. Oli masuk melalui bagian mekanisme katup
  2. Oli masuk melalui gasket antara blok silinder dan kepala silinder
  3. Oli masuk dari bagian bak engkol melewati ring piston
Untuk mengetahui dari mana oli masuk ke ruang bakar dapat dilakukan dengan menggunakan tes kompresi, caranya lakukan langkah tes kompresi dan masukkan beberapa tetes oli kedalam ruang bakar melalui lubang busi, lihat hasil tes kompresinya. Apabila ters kompresi naik ketika oli ditambahkan kedalam ruang bakar, hal ini menandakan bahwa bagian yang bocor yang menyebabkan oli masuk itu berasal pada bagian bawa kepala silinder, bisa bagian gasket atau bagian ring piston dan blok silinder. Sedangkan jika tekanan kompresi tetap sama atau tidak naik ketika oli ditambahkan kedalam ruang bakar maka menandakan bagian yang bocor yang menyebabkan oli masuk itu berasal pada bagian atas silinder yaitu dapat dari mekanisme katupnya. Setelah mengetahui dari mana oli masuk maka lakukan langkah perbaikan.

Tapi pada motor dengan prinsip kerja 2 tak, bila negbul asap putih berarti bukan masalah, akan tetapi jika tidak mengeluarkan asap maka bermasalah, karena pada proses pembakaran pada motor 2 tak memerlukan oli samping. Oli samping ini berfungsi untuk melumasi bagian bak engkol, silinder dan piston. Oli samping ini bercampur dengan bakan bakar bensin yang nantinya akan ikut terbakar, sehingga akan menyebabkan asap berwarna putih. Tetapi jika oli samping habis atau tidak diisi maka motor tersebut tidak akan mengeluarkan asap putih tapi akibatnya bagian dalam silinder tidak akan terlumasi dan akan membuat mesin cepat panas atau over heating. Bila over heating terjadi maka komponen-komponen dari mesin bisa cepat rusak.

0 Response to "Kenali Sebab Mobil Ngebul"

Post a Comment