Pembersihan Saringan (Filter) Udara

Filter atau saringan udara pada kendaraan memiliki peran yang sangat penting yaitu untuk menjaga agar udara yang masuk ke dalam intake manifold selalu bersih. Fungsi dari filter atau saringan udara sendiri berfungsi untuk membersihkan atau menyaring udara yang masuk ke dalam intake manifold dari debu-debu atau kotoran.

Jika udara yang masuk ke dalam intake manifold tidak disaring akan menyebabkan beberapa kendala, antara lain kinerja dari mesin menjadi tidak optimal, dapat menyebabkan kerusakan pada ruang bakar karena jika kotoran debu masuk ke dalam ruang bakar dapat memungkinkan terjadinya goresan pada dinding silinder dll.

Filter atau saringan udara perlu dilakukan perawatan secara berkala yaitu perlu dibersihkan sesuai dengan petunjuk pada buku manual servis kendaraan tersebut jika kendaraan dipakai ditempat yang normal, tetapi jika kendaraan dipakai pada tempat yang tidak normal, misalnya digurun pasir maka filter udara harus dibersihkan lebih cepat dari jangka waktu perawatan pada buku manual servis kendaraan tersebut.

Bila filter atau saringan udara sudak rusak atau sudah waktunya diganti maka gantilah saringan udara dengan yang baru.

Filter atau saringan udara terbuat dari beberapa bahan antara lain :
1. Filter udara dari kertas

Pada filter atau saringan udara yang terbuat dari bahan kertas, maka filter udara tersebut dapat dibersihkan dengan cara menyemprotkan udara bertekanan dari arah dalam (dari arah keluarnya udara).

2. Filter udara dari spon (busa)

Filter atau saringan udara yang terbuat dari bahan spon atau busa dapat dibersihkan dengan cara mencucinya menggunakan air dan deterjen atau juga dapat dicuci dengan cairan pembersih lainnya. Setelah filter dicuci maka keringkan filter tersebut menggunakan udara yang bertekanan.

3. Filter udara dari bahan kain

Filter atau saringan udara yang terbuat dari bahan kain, pembersihan filter udara ini sama dengan filter udara yang berbahan busa. Filter udara dari bahan ini dapat dibersihkan dengan air dan diterjen atau menggunakan cairan pembersih lainnya. Setelah besih, lalu keringkan filterudara menggunakan udara bertekanan.

Untuk cara prosedur pembersihan filter atau saringan udara, dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
  1. Buka kap mobil.
  2. Buka penutup dari filter atau saringan udara didalam mobil.
  3. Keluarkan elemen filter atau saringan udara dari rumah filter udaranya.
  4. Bersikan rumah filter udaranya terlebih dahulu.
  5. Setelah itu, lakukan pembersihan elemen filter atau saringan udara sesuai dengan bahan-bahan yang digunakan untuk elemen filter tersebut.
  6. Jika elemen filter atau saringan udara sudah bersih dan kering, kemudian pasang kembali elemen filter atau saringan udara ke dalam rumah filter udara.
  7. Pasang kembali penutup filter udara dan kemudian pasang filter udara di dalam mobil.

0 Response to "Pembersihan Saringan (Filter) Udara"

Post a Comment