Pahami Perbedaan Prinsip Kerja Motor 4 tak dan 2 tak

Sering kita dengar istilah tentang motor 4 tak dan motor 2 tak, tapi apakah anda tahu “apa yang dimaksud dengan motor 4 tak dan 2 tak? Apa perbedaan antara motor 4 tak dan 2 tak?”. Prinsip kerja motor 4 tak dan 2 tak merupakan pelajaran dasar tentang dunia otomotif. Jika anda perhatikan ketika berada dijalanan, apakah anda dapat membedakan antara motor 4 tak dan motor 2 tak?, sebelum membahas tentang perbedaan maka anda harus tahu apa yang dimaksud dengan motor 4 tak dan motor 2 tak.

Motor 4 tak

Motor 4 tak artinya adalah 4 langkah, yaitu dalam 1 kali siklus kerja pembakaran diperlukan 4 kali langkah piston. Satu siklus kerja terdiri dari langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha dan langkah buang. Langkah piston sendiri yaitu langkah piston dari posisi TMA ke TMB atau sebaliknya. Pada motor 4 tak setiap 1 kali usaha (pembakaran) yang dihasilkan oleh motor diperlukan 2 kali putaran poros engkol dan 4 kali langkah piston.

1. Langkah hisap
Pada saat langkah hisap, piston akan bergerak turun dari TMA ke TMB. Pada langkah ini katup hisap (intake valve) akan terbuka dan katup buang (exhaust valve) akan tertutup. Karena katup hisap terbuka maka campuran bahan bakar dan udara akan masuk ke dalam silinder.

2. Langkah kompresi
Pada saat langkah kompresi, piston akan bergerak turun dari TMB ke TMA. Pada langkah ini katup hisap (intake valve) akan tertutup dan katup buang (exhaust valve) juga akan tertutup. Campuran bahan bakar dan udara akan dikompresikan oleh piston sehingga temperatur naik.

3. Langkah usaha
Pada langkah usaha ini, busi akan memercikkan bunga api yang nantinya digunakan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara yang telah dikompresikan. Dari proses membakaran ini akan timbul ledakan (usaha) yang nantinya digunakan untuk menekan piston turun dari TMA dan TMB. Tenaga ini nantinya disalurakan dari piston menuju poros engkol melalui batang penghubung (connecting rod).

4. Langkah buang
Pada langkah buang ini, piston akan bergerak dari TMB ke TMA. Katup hisap akan tertutup dan katup buang akan terbuka sehingga gas akibat dari proses pembakaran akan dibuang keluar.

Motor 2 tak

Motor 2 tak artinya adalah 2 langkah, yaitu dalam 1 kali siklus kerja pembakaran diperlukan 2 kali langkah piston. Satu siklus kerja terdiri dari langkah bilas dan hisap, langkah kompresi, langkah usaha dan langkah buang. Pada motor 2 tak setiap 1 kali usaha (pembakaran) yang dihasilkan oleh motor diperlukan 1 kali putaran poros engkol dan 2 kali langkah piston.

1. Langkah hisap dan langkah kompresi
Piston akan bergerak dari TMB ke TMA. Pada bagian bawah piston akan terjadi proses hisap yaitu membran hisap terbuka sehingga bahan bakar dan udara masuk ke dalam bak engkol (crankcase). Sedangkan pada bagian atas piston akan akan terjadi langkah kompresi, yaitu campuran bahan bakar dan udara akan dikompresikan oleh piston.

2. Langkah usaha, bilas dan buang
Piston bergerak dari TMA ke TMB. Pada saat langkah usaha, maka busi akan memercikkan bunga api sehingga piston tertekan ke bawah dari TMA ke TMA. Ketika piston mencapai TMB maka saluran buang akan terbuka sehingga gas pembakaran dapat keluar. Akibat dari piston yang bergerak turun maka campuran bahan bakar dan udara yang ada di bak engkol akan tertekan sehingga akan menuju ke saluran bilas. Campuran ini akan membantu mendorong gas buang keluar dan melakukan langkah pembilasan pada ruang bakar.

Untuk itu, setelah tahu prinsip kerja dari motor 4 tak dan 2 tak maka dapat diketahui perbedaan keduanya, antara lain :
  1. Motor 4 tak memerlukan 4 kali langkah piston dan 2 kali putaran poros engkol untuk menghasilkan 1 kali usaha sedangkan pada motor 2 tak memerlukan 2 kali langkah piston dan 1 kali putaran poros engkol untuk menghasilkan 1 kali usaha.
  2. Prinsip kerja dari motor 4 tak dan 2 tak juga berbeda (lihat bagian atas)
  3. Pada motor 4 tak terdapat katup hisap dan katup buang sedangkan pada motor 2 tak katup hisap digantikan oleh membran dan katup buang digantikan saluran buang.
  4. Pada motor 4 tak untuk menggerakkan katup hisap dan buangnya maka diperlukan mekanisme katup sehingga pada motor 4 tak memiliki mekanisme katup sedangkan 2 tak tidak memakai mekanisme katup (misalnya, rocker arm, poros nok, timing chain dll)
  5. Pada motor 4 tak tidak memerlukan oli samping sedangkan pada motor 2 tak memakai oli samping
  6. Pada motor 4 tak tidak mengeluarkan asap putih sedangkan pada motor 2 tak mengeluarkan asap putih karena oli juga ikut terbakar.

1 Response to "Pahami Perbedaan Prinsip Kerja Motor 4 tak dan 2 tak"