Fungsi Busi Dengan Resistor

Busi, siapa yang tak kenal dengan komponen yang satu ini. Komponen kecil tapi merupakan komponen utama yang membuat mesin dapat hidup. Mungkin jika anda ditanya soal apa fungsi dari busi, pasti anda sudah tahu, tapi ketika anda ditanya tentang “apa fungsi busi dengan resistor?” atau “kenapa busi diberi resistor? Bukankah jika busi diberi resistor malah akan menghambat aliran arus tegangan tinggi sehingga bunga api yang dihasilkannya malah menjadi kecil”. Tentu saja pertanyaan tentang hal itu akan sering dijumpai dan akan membuat anda bingung jika anda belum tahu fungsi sebenarnya dari resistor yang ada pada busi.
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa busi memiliki fungsi utama untuk menghasilkan loncatan bunga api yang besar. Loncatan bunga api terjadi ketika ada aliran arus tegangan tinggi yang mengalir dari elektroda tengah menuju ke elektroda samping. Aliran arus tegangan tinggi dihasilkan dari induksi tegangan tinggi pada kumparan sekunder di koil pengapian. Penting anda ketahui bahwa arus tegangan tinggi yang dihasilkan oleh koil pengapian bila dialirkan ke busi sehingga busi menghasilkan loncatan bunga api pada elektrodanya, pada saat ini akan terjadi gangguan frekuensi radio suara (radio interference), sehingga akan menyebabkan gangguan pada kendaraan, misalnya gangguan suara pada aksesoris radio yang dipasang dikendaraan dan lain sebagainya. Untuk mencegah terjadinya gangguan suara radio ini maka salah satu cara yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengggunakan busi tipe resistor (resistor plug). Dengan memakai busi dengan resistor ini maka gangguan frekuensi radio saat loncatan bunga api pada busi dapat diminimalisirkan sehingga tidak akan mengganggu komponen radio pada kendaraan atau komponen-komponen elektronika yang lain yang dipasang di dalam kendaraan apa lagi bila kendaraan tersebut telah bermesin EFI dan tidak memakai busi dengan resistor, karena jika terjadi gangguan frekuensi maka dapat menyebabkan gangguan pada sistem kontrol elektroniknya.

Sebenarnya untuk mengatasi gangguan frekuensi gelombang radio bukan hanya dapat dicegah dengan menggunakan busi resistor tetapi juga dengan menggunakan kabel tegangan tinggi busi yang memiliki resistansi atau tahanan yang besarnya maksimal 25 kilo ohm, karena jika tahanan lebih besar dari 25 kilo ohm maka bisa membuat loncatan bunga api busi menjadi lemah atau kecil. Jadi sudah pahamkan tentang fungsi dari busi dengan memakai resistor.

0 Response to "Fungsi Busi Dengan Resistor"

Post a Comment