Akibat Throttle Body Pada Mesin Injeksi EFI Rusak

Throttle body merupakan komponen bagian dari sistem udara masuk (intake air system). Agar kinerja mesin dapat optimal maka campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar harus sesuai dengan jumlah campuran yang tepat.

Throttle body ini lah yang berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya udara yang masuk ke dalam ruang bakar sesuai dengan bukaan throttle saat pedal gas diinjak. Saat pedal gas diinjak maka udara bersih yang sebelumnya sudah disaring oleh filter udara akan masuk ke dalam intake air chamber lalu ke intake manifold dan kemudian ke ruang bakar pada tiap-tiap silinder mesin.

Pada mesin EFI tipe TBI (Throttle Body Injection), pada bagian throttle body terpasang injektor sehingga bahan bakar dan udara akan dicampur dibagian throttle body ini. Sedangkan pada mesin EFI tipe MPI (Multi Point Injection), injektor terletak pada intake manifold sehingga udara dan bahan bakar akan dicampur di dalam intake manifold sebelum masuk ke dalam ruang bakar. sedangkan pada mesin EFI tipe GDI, injektor terletak pada kepala silinder diruang bakar sehingga udara akan dicampur dengan bahan bakar tepat di dalam ruang bakar.

Pada throttle body juga terpasang katup ISC (Idle Speed Control) untuk mengontrol jumlah udara yang masuk selama kendaraan berada pada posisi idle atau stasioner. Selain itu pada throttle body juga terpasang sensor TPS (Throttle Position Sensor) yang berfungsi untuk mensensor bukaan katup throttle.

Jika throttle body terdapat kerusakan maka akan mengganggu kinerja mesin karena pasokan udara ke dalam ruang bakar akan tidak tepat bisa kurang atau terlalu banyak. Jika jumlah udara kurang maka akan menyebabkan campuran menjadi gemuk sedangkan bila udara terlalu banyak akan menyebabkan campuran terlalu kurus.

Terlalu sedikit udara yang masuk ke dalam intake manifold dapat disebabkan karena pada komponen throttle body kotor sehingga dapat menyumbat aliran udara yang masuk. Sedangkan bila udara yang masuk terlalu banyak dapat disebabkan terjadinya kebocoran karena pemasangan throttle body yang kurang tepat sehingga terjadi kebocoran udara atau pada bagian throttle valve terdapat kotoran sehingga throttle body tidak dapat menutup rapat ketika posisi idle.

Oleh sebab itu, throttle body juga memerlukan perawatan secara berkala dengan cara membersihkan bagian-bagian dalam throttle body dari kemungkinan adanya kotoran sehingga dengan melakukan perawatan berkala ini dapat membuat kinerja mesin tetap optimal.

2 Responses to "Akibat Throttle Body Pada Mesin Injeksi EFI Rusak"

  1. Apakah throttle body rusak juga bisa menyebabkan sepeda matic keluar asap pada knalpot?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak akan menyebabkan keluar asap knalpot. Knalpot keluar asap putih indikasi ada oli yang ikut kebakar sedangkan bila asap hitam indikasi terlalu bnyk campuran bensin yang di bakar.

      Delete