Cara Memeriksa Thermostat

Sistem pendingin kendaraan berfungsi untuk menjaga temperatur mesin agar tetap pada temperatur kerjanya. Salah satu komponen sistem pendingin yaitu thermostat.

Thermostat pada sistem pendingin berfungsi untuk membuka dan menutup saluran air pendingin yang bersirkulasi di dalam mesin untuk menuju ke radiator. Pada saat temperatur mesin masih rendah maka thermostat akan menutup aliran air pendingin di dalam mesin agar tidak mengalir ke radiator. Hal tersebut bertujuan agat temperatur kerja mesin dapat cepat tercapai. Sedangkan pada saat temperatur mesin sudah mencapai sekitar 800 C – 840 C maka thermostat akan membuka saluran air pendingin sehingga air pendingin yang berada di dalam mesin dapat disalurkan ke radiator untuk didinginkan. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga temperatur mesin agar tetap stabil pada temperatur kerjanya dan agar mesin tidak terjadi over heating.

Karena fungsi thermostat yang sangat penting maka apabila terjadi kerusakan pada thermostat, thermostat harus diganti dengan yang baru. Jangan sampai melepas thermostat atau tidak menggunakan thermostat pada sistem pendinginan karena apabila thermostat tidak terpasang maka temperatur kerja mesin akan lama untuk tercapai.

Untuk mengetahui apakah thermostat mengalami kerusakan maka lakukan langkah-langkah pemeriksaan katup thermostat.

Cara pemeriksaan thermostat
  1. Calupkan thermostat ke dalam panci yang sudah diisi dengan air dan kemudian panaskan air secara bertahap.
  2. Dengan menggunakan thermometer, periksa temperatur pembukaan katup thermostat. Temperatur pembukaan awal katup thermostat yaitu sekitar 800 C – 840 C. Apabila pembukaan awal katup thermostat tidak sesuai dengan spesifikasinya maka ganti thermostat. Catatan : pada bagian atas thermostat pada umumnya terdapat angka yang menunjukkan temperatur pembukaan awal thermostat.
  3. Periksa tinggi kenaikan katup thermostat atau pembukaan penuh thermostat. Kenaikan katup thermostat pada temperatur 950 C yaitu sekitar 8 mm atau lebih. Apabila kenaikan katup tidak sesuai dengan spesifikasinya maka gantilah thermostat.
  4. Periksa bahwa katup thermostat akan menutup sepenuhnya apabila temperatur air menurun sekitar kurang dari 400 C. Apabila katup thermostat tidak menutup sepenuhnya pada temperatur tersebut maka ganti thermostat.

0 Response to "Cara Memeriksa Thermostat"

Post a Comment