Fungsi Fly Wheel atau Roda Gila Pada Mobil

Mesin mobil terdiri dari beberapa komponen utama, salah satu komponen utama pada mesin yaitu fly wheel.

Fly wheel atau yang sering disebut dengan istilah roda gila memiliki peran yang sangat penting bagi kendaraan mobil.

Fly merupakan sebuah piringan yang terbuat dari bahan baja tuang dengan kualitas dan mutu yang tinggi yang memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut :

Menyimpan tenaga putar sementara
Fly wheel ini diikat oleh baut pada bagian belakang poros engkol (crank shaft). Poros engkol akan mengubah tenaga naik turun piston menjadi tenaga putar. Tenaga pada mesin dihasilkan pada saat langkah usaha yaitu langkah pembakaran campuran bahan bakar dan udara. pada siklus kerja mesin, selain langkah usaha juga terdapat langkah hisap, langkah kompresi dan langkah buang sehingga tenaga putar yang dihasilkan akan hilang selain pada saat langkah usaha karena disebabkan oleh berbagai gesekan yang timbul.

Oleh sebab itulah digunakan fly wheel untuk menyimpan tenaga putar (inertia) sementara selama proses langkah lainnya selain langkah usaha.

Tenaga inertia merupakan kecenderungan dari suatu benda bila benda tersebut dalam keadaan bergerak maka akan tetap bergerak.

Tenaga inertia yang disimpan oleh fly wheel maka dapat membuat mesin dapat berputar dengan lembut dan getaran yang ditimbulkan enjadi kecil.

Tempat cover clutch
Clutch cover atau rumah kopling dipasangkan pada bagian fly wheel melalui sambungan baut sehingga bila fly wheel berputar maka clutch cover juga akan ikut berputar. Diantara fly wheel dan clutch cover terdapat disc clutch atau plat kopling. Plat kopling ini berfungsi untuk meneruskan dan memutuskan putaran dari fly wheel ke poros input transmisi.

Membantu start awal mesin
Fungsi fly wheel selanjutnya adalah untuk membantu start awal pada mesin. Pada fly wheel terdapat roda gigi ring gear pada sisi luarnya. Ring gear ini akan diputarkan oleh pinion gear motor starter ketika pengendara menstarter mesin. Selain itu ring gear berfungsi untuk mereduksi putaran dari pinion gear starter sehingga akan didapatkan momen putar yang lebih besar lagi guna untuk memutarkan mesin saat awal.

0 Response to "Fungsi Fly Wheel atau Roda Gila Pada Mobil"

Post a Comment