Kenapa Ban Harus Dirotasi?

Ban merupakan bagian dari kendaraan yang bersinggungan langsung dengan permukaan jalan. Di dalam ban juga tersisi udara bertekanan, hal ini untuk menyerap getaran yang ditimbulkan dari permukaan jalan yang tidak rata.

Ban terpasang pada komponen pelek (velg). Ban dan pelek merupakan satu kesatuan dari roda kendaraan yang artinya ban tidak dapat digunakan tanpa menggunakan pelek atau sebaliknya.

Ban yang digunakan, lama-kelamaan akan mengalami keausan pada permukaan ban (bagian tread). Apabila ban terpasang pada posisi yang sama atau tidak berubah misalnya ban hanya dipasang pada bagian depan kanan, kiri atau belakang kanan atau kiri maka lama-kelamaan keausan pada ban akan membentuk keausan tertentu.

Pada kendaran tipe penggerak roda belakang (tipe FR), pada umumnya tingkat keausan roda depan akan lebih cepat 10 % sampai 20 % dari roda belakang.

Hal tersebut dapat terjadi karena :
  1. Pada umumnya untuk beban kerja akan lebih besar pada roda bagian depan dibandingkan dengan roda pada bagian belakang.
  2. Pada saat kendaraan membelok maka beban kerja terbesar akan terjadi pada bagian roda depan pada sisi atau bagian luar.
  3. Pada roda depan terdapat penyetelan camber dan toe.

Oleh sebab itu, untuk mencegah terjadinya bentuk keausan tertentu pada roda atau untuk menghasilkan keausan yang merata pada setiap roda maka roda harus dirotasi secara teratur.

Rotasi roda merupakan pekerjaan mengganti posisi roda dari satu posisi ke posisi lainnya agar keausan pada setiap bagian roda dapat merata.

Cara melakukan rotasi ban tipe bias
Untuk melakukan rotasi ban tipe bias pada kendaraan dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Cara melakukan rotasi ban tipe radial
Pada ban tipe radial, apabila ban dipindahkan ke sisi lainnya maka akan menimbulkan suara berisik dan ban akan menjadi cepat rusak karena arah putaran ban akan berlawanan dengan putaran semula.

Untuk melakukan rotasi ban tipe radial pada kendaraan dapat dilihat oada gambar di bawah ini :

Hal yang harus diperhatikan ketika melakukan rotasi ban diantaranya :
  1. Ketika akan merotasi ban, periksa juga kondisi ban apakah ban mengalami keretakkan, aus yang tidak normal dan sebagainya.
  2. Pada beberapa kendaraan, tekanan udara untuk roda depan dan roda belakang tidaklah sama besar sehingga sesuaikan tekanan udara di dalam ban dengan tekanan spesifikasinya ketika ban telah dirotasi.
  3. Perhatikan tanda putaran roda yang terdapat pada side wall (dinding samping) ban, jangan membalik tanda putaran karena akan merusak bagian carcass ban. Sesuaikan tanda arah putaran ban dengan putaran ban saat kendaraan berjalan.

3 Responses to "Kenapa Ban Harus Dirotasi?"

  1. I personally feel your website topic is very unique and reliable for readers. We are waiting new more informative articles for increasing knowledge.

    In the event that you are confronting issue while surfing the web on your program, you can dial our Google Chrome Support +1-855-505-7815.

    It has untold quality and now it is available in the much better brand.Call our Firefox Technical Support +1-855-505-7815 for any brand.

    At the Internet Explorer Technical Support, the specialized arrangement is constantly both subjective and effective by means of the various method for specialized help on Internet Explorer Support Number +1-855-505-7815.

    Most common problem users are facing with Opera Browser are to set up or install Opera Browser. To resolve these problems you need Opera troubleshooting help. Dial the Opera Support Number +1-855-505-7815 anytime.

    On the off chance, if you face technical Issue when using your Safari browser or you are not able to assume the direction of using the browser, do not get tensed. This is because we are there to help you come out of such condition with our absolute Safari Customer Service +1-855-505-7815 Toll-Free.
    Chrome Customer Service
    Mozilla Customer Support
    Explorer Customer Care
    Opera Customer Service
    Safari Customer Support

    ReplyDelete
  2. Thank you for sharing such brilliant and beneficial article. we are imparting decision associated with circulate QuickBooks System Requirements. If anyone dealing with problem related to QuickBooks System Requirements.So you can directly call us at our QuickBooks Help +1-877-249-9444.

    ReplyDelete