Akibat Apabila Terjadi Kevakuman pada Sistem Pendingin Air Kendaraan

Sistem pendingin (Cooling system) merupakan suatu sistem yang berfungsi untuk menjaga temperatur mesin agar tetap pada temperature kerjanya.

Di dalam kendaraan, sistem pendingin dibagi menjadi dua macam, yaitu sistem pendingin dengan air dan sistem pendingin dengan udara.

Sistem pendingin dengan menggunakan air, akhir-akhir ini banyak diaplikasikan untuk sistem pendingin kendaraan bermotor khususnya pada mobil.

Sistem pendingin air dilengkapi dengan beberapa bagian, diantaranya radiator, reservoir tank, selang tekakan tinggi, water jacket,  kipas pendingin, thermostat valve dan water pump.

Salah satu masalah yang terjadi di dalam sistem pendingin air adalah terjadinya kevakuman pada sistem pendingin tersebut.

 “Apa itu kevakuman ?”

Kevakuman adalah suatu kondisi udara di sekitar lingkungan tertentu dimana tekanan udara tersebut dibawah tekanan 1 atmosfir.

“Apakah penyebab terjadinya kevakuman pada sistem pendingin ?”

Kevakuman pada sistem pendingin air dapat terjadi ketika tutup radiator pada bagian vacuum valve mengalami kerusakan yaitu dimana keadaan vacuum valve selalu menutup tidak dapat terbuka.

Seperti yang kita ketahui, pada tutup radiator terdapat dua buah katup, yaitu vacuum valve dan pressure valve.

Ketika temperatur air pendingin meningkat, maka tekanan di dalam sistem pendingin pun akan meningkat.

Pada tekanan tertentu, pressure valve pada tutup radiator akan membuka untuk menghindari terjadinya kerusakan pada bagian-bagian sistem pendingin akibat tekanan yang tinggi.

Ketika pressure valve membuka maka air pendingin dalam radiator akan mengalir ke reservoir tank.

Dan ketika temperatur air pendingin di dalam radiator menurun, maka tekanan di dalam radiator juga akan menurun atau mengalami kevakuman.

Apabila vacuum valve mengalami kerusakan yaitu selalu dalam kondisi menutup, maka tekanan di dalam radiator akan terus menjadi vakum.

“Apakah akibat apabila terjadi kevakuman pada radiator ?”

Kevakuman akan mempengaruhi titik didih air, semakin tinggi tekanan udara maka titik didih akan semakin tingg, namun sebaliknya, apabila semakin rendah tekanan udara maka titik didih juga akan semakin rendah.

Akibat kevakuman yang terjadi di dalam sistem pendingin akan menyebabkan titik didih air yang rendah, yang artinya air dapat mendidih kurang dari temperatur 100⁰ C.

Sehingga karena terjadinya kevakuman pada sistem pendingin maka pada mesin akan terjadi over heating (panas yang berlebihan).

Dan akibat dari over heating ini akan membuat kerusakan pada komponen-komponen mesin, contohnya seal yang rusak (meleleh) atau bagian yang terbuat dari metal akan memuai terlalu besar.

Oleh sebab itu, vacuum valve pada tutup radiator harus dipastikan bekerja dengan baik. Apabila vacuum valve tidak dapat berfungsi maka ganti tutup radiator.

0 Response to "Akibat Apabila Terjadi Kevakuman pada Sistem Pendingin Air Kendaraan"

Post a comment