Cara Kerja Sistem Supply Pump pada Common Rail Diesel

Motor diesel merupakan salah satu tipe motor pembakaran dalam (internal combustion engine) yang menggunakan bahan bakar solar sebagai sumber bahan bakarnya.

Salah satu tipe motor diesel yang baru-baru ini digunakan pada kendaraan mobil yaitu tipe common rail.

Pada tipe common rail, untuk penyaluran bahan bakarnya menggunakan pipa rel (rail) dan untuk mengaturan timing penginjeksian serta kuantitas penginjeksian telah diatur secara elektronik oleh ECU.

Pada motor diesel sistem injeksi common rail memerlukan tekanan bahan bakar yang tinggi untuk menghasilkan efisiensi pembakaran yang tinggi dan power yang tinggi.

Komponen yang berperan untuk meningkatkan tekanan bahan bahan bakar pada sistem common rail ini adalah komponen supply pump.

Cara kerja sistem supply pump

Ketika eccentric cam berputar maka akan mendorong  plunger untuk bergerak ke atas atau ke bawah.

Pada plunger juga dilengkapi dengan pegas yang berfungsi untuk menarik kembali plunger agar kembali ke posisi semula ketika tidak mendapatkan tekanan dari eccentric cam.

Ketika posisi eccentric cam mendorong ke atas maka plunger A akan terdorong ke atas sehingga bahan bakar diatas plunger A akan tertekan dan membuka check valve pada saluran keluar. 

Kemudian bahan bakar yang memiliki tekanan ini akan disalurkan ke common rail assembly.

Sedangkan untuk plunger B, karena tidak tertekan eccentric cam maka plunger B akan tertarik ke atas sehingga menyebabkan ruangan di bawah plunger B menyadi vakum dan mengakibatkan bahan bakar terhisap masuk.

Dan sebaliknya ketika sccsntric cam berputar dan mendorong plunger B ke bawah maka bahan bakar di bawah plunger B akan tertekan dan membuka check valve pada saluran keluar.

Sehingga bahan bakar bertekanan tinggi akan disalurkan ke common rail assembly.

Sedangkan untuk plunger A, karena sudah tidak ditekan oleh eccentric cam, maka plunger akan kembali ke posisi semula karena tekanan pegas.

Sehingga ruang di atas plunger A menjadi besar dan membuka ceck valve pada saluran masuk karenamenghisap bahan bakar masuk ke ruang di atas plunger A.

0 Response to "Cara Kerja Sistem Supply Pump pada Common Rail Diesel"

Post a comment