Benar atau Salah, Merendam Busi Dapat Memperpanjang Umur Busi?

Ada yang bilang jika merendam busi pada bensin terlebih dahulu sebelum memasangnya dikendaraan dapat membuat umur pakai busi lebih panjang, apakah benar demikian ?. Persepsi tersebut telah banyak menyebar dikalangan masyarakat dan bengkel-bengkel kecil.

Sebenarnya, persepsi tersebut tidak tepat karena busi yang direndam dengan bensin justru dapat menyebabkan umur pakai busi lebih pendek. Pasalnya, bensin dapat merusak komponen elektroda pada busi karena elektroda dapat terkikis.

Tidakan yang seharusnya, busi jangan dibersihkan dengan cara direndam dengan bensin tetapi bersihkan busi dengan sikat yang telah dilumuri bensin. Artinya, busi jangan direndam dengan bensin tetapi cukup kuas atau sikat untuk membersihkan busi yang dilumuri bensin.
Setelah busi selesai dibersihkan, kemudian langsung keringkan dengan menggunakan udara yang bertekanan. Setelah benar-benar kering, maka busi dapat langsung dipasang pada lubang busi.

Sehingga tidak tepat jika melakukan tidakan merendam busi dalam bensin akan memperpanjang umur busi. Umur pakai busi akan dipengaruhi oleh faktor-faktor pembakaran dan perilaku pengemudi.

Bila campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar terlalu kaya maka akan membuat permukaan busi tertumpuk oleh karbon. Identifikasinya bila campuran bahan bakar dan udara kaya maka akan terlihat di permukaan isolator dan elektroda busi akan bewarna hitam karena karbon. Tumpukan karbon pada busi akan memperpendek umur pakai busi.

Tapi jika campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar itu miskin maka akan membuat busi cepat panas. Identifikasinya bila campuran bahan bakar dan udara ini miskin maka akan terlihat pada elektroda busi berubah menjadi warna keputihan. Temperatur yang panas di dalam ruang bakar akan memperpendek umur dari busi.

Selain itu, jika permukaan busi terlihat berwarna hitam karena oli. Hal itu bertanda bahwa oli masuk ke dalam ruang bakar dan ikut terbakar saat proses pembakaran. Oli yang menumpuk tersebut dapat memperpendek umur busi.

Oleh sebab itu, jika menginginkan umur busi panjang maka selalu lakukanlah perawatan berkala pada mesin.

5 Responses to "Benar atau Salah, Merendam Busi Dapat Memperpanjang Umur Busi?"

  1. Pleasant stuff, do update me as often as possible when you post again something like this! Also, we assure you if your Att.Net Email Login is not working on your Windows 10, then you can follow the procedure provided at our site to overcome the issues. If there are other issues concerning Att email bothering you then, contact us today!

    Att email Login

    ReplyDelete
  2. Thanks for sharing the info, keep up the good work going. Also, when you are inside Minecraft’s little world, you will have to start by making the cartography table because that is how you can create a map. For further information on Steps for making a cartography table please visit our website.

    Minecraft Cartography Table

    ReplyDelete
  3. The important concentrated organic manures are oilcakes, blood meal, fish manure etc. These are also known as organic nitrogen fertilizer. Before their organic nitrogen is used by the crops, it is converted through bacterial action into readily usable ammoniacal nitrogen and nitrate nitrogen.
    If you are looking for organic fertiliser, visit our official website at https://plantneeds.com.au/product/planc/

    ReplyDelete
  4. Adjusting the soil pH to as close to neutral as possible will help reduce the negative impact of contaminants. Contaminated soil treatment also includes adding plenty of rich organic matter to the soil and a healthy top-dress of peat moss, compost, or aged manure. This practice will help protect plants from damage. To know more about soil contamination testing service, contact us at https://www.testneeds.com.au/agricultural-soil-chemical-biological-testing-services/

    ReplyDelete
  5. We provide a complete guide to login into Wi-Fi Routers and www.routerlogin.net admin page, configuring a setup, changing Wi-Fi name, password, security and other aspects. Contact us today or visit our website! router login

    ReplyDelete