Fungsi Katup Deliveri atau Delivery Valve Pada Pompa Bahan Bakar Motor Diesel

Pada sistem bahan bakar pada mesin diesel terdapat komponen pompa bahan bakar yang berfungsi untuk memompakan bahan bakar solar menuju ke injektor. Bahan bakar ini harus memiliki tekanan yang tepat untuk menghasilkan kabutan yang baik dan juga jika waktu penginjeksian selesai maka tekanan bahan bakar yang menuju ke injektor harus dihentikan.

Pada pompa bahan bakar injeksi diesel ini terdapat komponen delivery valve. Untuk lebih jelasnya perhatikan kontruksi pompa bahan bakar di bawah ini :
Delivery valve pada pompa bahan bakar diesel berfungsi untuk mencegah terjadinya aliran balik dari bahan bakar dan juga untuk mengatur tekanan sisa bahan bakar.

Ketika plunger pada pompa bahan bakar  telah mencapai TMA maka proses penginjeksian bahan bakar berakhir.

Plunger terhubung dengan injektor nozzle melalui pipa tekanan tinggi sehingga jika proses penginjeksian  selesai akan ada sisa bahan bakar di pipa tekanan tinggi.

Ketika plunger di dalam pompa bergerak turun menuju TMB maka akan terjadi hisapan bahan bakar diatas ruang plunger.

Jika bahan bakar yang terdapat di pipa tekanan tinggi ini ikut terhisap ketika plunger bergerak turun maka pada saat proses penginjeksian akan terjadi keterlambatan.

Oleh sebab itu sisa bahan bakar di dalam pipa tekanan tinggi tidak boleh masuk ke dalamruang plunger saat plunger bergerak turun (langkah hisap).

Untuk mencegah hal itu maka digunakanlah delivery valve yang terpasang diantara plunger dan pipa tekanan tinggi untuk mencegah terjadinya tekanan balik bahan bakar yang dapat menyebabkan sisa bahan bakar di dalam pipa tekanan tinggi masuk ke dalam ruang diatas plunger saat langkah hisap plunger.

Selain itu delivery valve juga digunakan untuk mencegah terjadinya tekanan balik saat proses penginjeksian berakhir. Jika tekanan sisa bahan bakar ini tidak dihentikan maka dapat menyebabkan proses penginjeksian bahan bakar akan masih tetap berlangsung ketika waktu penginjeksian telah berakhir atau lebih singkatnya proses penginjeksian tidak akan berhenti tepat waktu.

Kejadian diatas akan berakibat timbulnya tetesan bahan bakar pada nosel injektor dan menimbulkan penginjeksian kedua atau secondary injection. Oleh sebab itu delivery valve akan mengatur tekanan sisa bahan bakar yang ada di dalam pipa tekanan tinggi pada level yang tepat dengan cara menghisap bahan bakar tersebut saat penginjeksian berakhir.

Berakhirnya proses penginjeksian bahan bakar ini terjadi ketika rection piston menutup lubang pada valve seat.

Pada saat proses reaction ini, akan terjadi penurunan tekanan pada pipa tekanan tinggi nozzle sehingga terjadinya penetesan bahan bakar dan penginjeksian kedua ini dapat dicegah.

Untuk lebih jelasnya tentang kerja dari delivery valve dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
Delivery valve perlu dirawat, perawatan pada delivery valve dapat dilakukan dengan selalu gunakan bahan bakar solar yang memiliki kualitas yang baik dan juga lakukan pemeriksaan dan pembersihan pada delivery valve.

Apabila delivery valve ini tersumbat kotoran atau terjadi kerusakan pada dinding valve seat karena goresan maka dapat mengakibatkan kinerja dari pompa bahan bakar tidak akan optimal karena delivery valve dapat menjadi tidak berfungsi.

0 Response to "Fungsi Katup Deliveri atau Delivery Valve Pada Pompa Bahan Bakar Motor Diesel"

Post a Comment