Ada Yang Tahu Kenapa Oli Mesin Setelah Dipakai berubah Warna Menjadi Hitam Sedangkan Oli Transmisi dan Gardan Tidak ?

Oli merupakan komponen yang penting bagi setiap kendaraan.  Oli memiliki fungsi untuk melumasi komponen yang saling bersinggungan jika tidak ada oli tentu saja komponen tersebut akan cepat aus dan rusak.

Oli yang ada di kendaraan mobil umumnya terdapat 3 jenis yaitu oli mesin, oli transmisi dan oli gardan.

Pernahkah anda memperhatikan kondisi oli setelah digunakan pada kendaraan ?

Ketika anda mengganti oli mesin, warna oli akan berubah warna menjadi hitam pekat, apakah anda tahu sebabnya ?

Sedangkan ketika anda mengganti oli transmisi dan gardan, warna oli tetap sama tidak berubah menjadi hitam.

Pada oli mesin, selain berfungsi untuk melumasi komponen yang saling bersinggungan. Oli mesin juga berfungsi sebagai pembersih.

Hasil dari proses pembakaran akan menghasilkan emisi gas pembakaran yang berupa gas karbon. Gas karbon yang dihasilkan sebagian akan menempel didinding silinder karena walaupun piston dilengkapi dengan rig piston tetapi kotoran karbon tidak akan bisa seluruhnya dibersihkan oleh ring piston.

Sebagian gas karbon yang menempel di dinding silinder ini nantinya akan dibersihkan oleh oli mesin sehingga gas karbon tersebut akan terbawa oleh oli dan mengakibatkan oli menjadi berubah warna menjadi hitam.

Sehingga jika oli mesin dipakai terus menerus akan mengakibatkan kualitas oli menjadi menurun dan jika oli tersebut tetap digunakan maka fungsi dari oli tidak akan maksimal dan akibatnya akan membuat komponen mesin menjadi rusak.

Oleh sebab itu oli mesin harus diganti setelah mencapai jarak tempuh tertentu atau bila telah mencapai beberapa waktu tertentu.

Beda halnya dengan oli transmisi dan oli gardan, pada oli transmisi dan oli gardan, kenapa tidak berubah warna ? Hal ini disebabkan pada transmisi dan gardan tidak terjadi proses pembakaran sehingga oli hanya berfungsi sebagai pelumas saja.

Sehingga oli transmisi dan oli gardan tidak akan berubah warna menjadi hitam, namun walaupun warna nya tidak menghitam, oli transmisi dan gardan juga harus diganti bila sudah mencapai jarak tertentu atau waktu tertentu.

Karena kualitas oli transmisi dan oli gardan juga akan dapat menurun karena digunakan oleh sebab iu harus diganti. Bila tidak maka dapat merusak komponen gigi yang saling bersinggungan.

0 Response to "Ada Yang Tahu Kenapa Oli Mesin Setelah Dipakai berubah Warna Menjadi Hitam Sedangkan Oli Transmisi dan Gardan Tidak ?"

Post a Comment