Keuntungan dan Kelemahan Sambungan Las

Pada sebuah konstruksi, baik konstruksi bagunan maupun konstruksi kerangka pada kendaraan atau yang lainnya pasti ada yang namanya sambungan.

Sambungan-sambungan tersebut bisa bermacam-macam yang digunakan, bisa dengan sambungan las, sambungan mur baut, sambungan keling dan lain-lain.

Proses pengelasan sendiri merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menghubungkan atau menyambungkan logam.

Pengelasan merupakan suatu proses penyambungan dua buah logam atau lebih dengan cara dicairkan dengan menggunakan energi panas baik menggunakan bahan tambah maupun tanpa bahan tambah.

Panas pada proses penyambungan dengan pengelasan yang digunakan dapat berasal dari nyala api atau dari penghantar listrik.

Hasil sambungan dari proses pengelasan membentuk sambungan yang permanen sehingga tidak dapat dibongkar tanpa merusaknya.

Sambungan hasil las memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan sambungan lainnya. Beberapa keuntungan dari penggunaan las untuk penyambungan logam antara lain :
  • Proses pengelasan akan menghasilkan hasil sambungan yang permanen.
  • Sambungan las akan lebih kuat dibandingkan dengan kekuatan bahan awal jika saat proses pengelasan menggunakan bahan tambah atau pengisi dan teknik pengelasan yang tepat dan sesuai.
  • Pada umumnya proses penyambungan logam dengan pengelasan lebih hemat dan ekonomis dilihat dari segi biaya dan penggunaan materialnya.
  • Pengelasan dapat digunakan atau dilakukan di lapangan, tidak hanya digunakan dalam lingkungan pabrik saja.

Walaupun penyambungan dengan menggunakan proses pengelasan memiliki beberapa keuntungan, namun juga memiliki beberapa keterbatasan dan kelemahan, antara lain :
  • Pengelasan yang dikerjakan atau dilakukan di lapangan umumnya masih dilakukan secara manual sehingga membutuhkan biaya untuk operator yang mahal.
  • Pada umumnya proses pengelasan untuk mencairkan logam membutuhkan energi panas yang sangat besar sehingga cenderung berbahaya.
  • Hasil las-lasan sulit untuk dibongkar karena hasil dari pengelasan merupakan sambungan permanen sehingga jika kontruksi yang dilas ingin diganti atau membutuhkan perbaikan maka las-lasan pada kontruksi tersebut harus  dirusak.
  • Sambungan pada proses pengelasan dapat menutupi atau menyelubungi cacat pada bahan sehingga akan membuat cacat tersebut tidak akan terlihat. Cacat yang terjadi pada bahan maka akan mengurangi kekuatan dari bahan tersebut.

0 Response to "Keuntungan dan Kelemahan Sambungan Las"

Post a Comment