Apa Yang Dimaksud Dengan Knocking ? Apa Sebabnya ? Dan Apakah Knocking Dan Pre-Ignition Sama?

Sering kita mendengar istilah knocking pada mesin, tapi tahukah anda apa itu knocking ? dan apa saja yang dapat menyebabkan knocking ? Serta apakah sama knocking dengan pre-ignition ?

Knocking sendiri juga sering disebut dengan istilah detonasi atau ngelitik pada mesin. Knocking ini akan berdampak terjadinya getaran padan mesin.

Selain getaran, knocking juga akan menimbulkan suara berisik pada mesin sehingga akan sangat mengganggu pengendara.

Dampak lainnya dari knocking bila dibiarkan terus menerus maka dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen di dalam mesin.

Pada pembakaran yang normal, maka api akan menyebar keseluruh bagian ruang bakar dan api ini berasal dari busi sehingga busi sebagai titik pusat penyebaran.

Jika terdapat gas campuran bahan bakar dan udara yang belum terbakar maka akan didesak oleh gas yang sudah terbakar sehingga akan meningkatkan temperatur yang akan membuat gas yang belum terbakar tersebut hampir terbakar.

Jika pada keadaan tersebut membuat gas yang belum terbakar tadi menjadi terbakar dengan sendirinya maka akan menghasilkan ledakan knocking dan getaran pada mesin.

Jika terjadi knocking maka akan menghasilkan fluktuasi tekanan yang sangat besar  dan sangat cepat pada akhir pembakaran. Dan akibatnya membuat tenaga mesin menjadi menurun dan jika knocking ini terus terjadi maka akan memperpendek umur dari mesin.

Sedangkan pre-ignition sebenarnya dampaknya juga akan menghasilkan getaran (knocking).

Pre-ignition sendiri terjadi ketika terjadi pembakaran yang tidak normal yaitu pembakaran sendiri yang bukan berasal dari percikkan api busi. 

Ketika gas campuran bahan bakar dan udara dihisap ke dalam ruang bakar kemudian dikompresikan maka akan meningkatkan temperatur atau suhu pada ruang bakar.

Bila pada saat ini gas campuran bahan bakar dan udara yang dikompresikan akan terbakar sendiri karena temperatur yang tinggi (bukan karena adanya percikkan bunga api busi) maka akan terdapat beberapa titik nyala api yang nantinya akan menimbulkan ledakan dan akan menghasilkan knocking.

Selain dari temperatur yang tinggi, pre-ignition juga dapat disebabkan karena adanya deposit karbon didalam ruang bakar yang dapat menjadi sumber api nantinya di dalam ruang bakar.

Sehingga dampak yang dihasilkan oleh pre-ignition dan knocking adalah sama yaitu akan menghasilkan getaran, namun bedanya jika pre-ignition hanya disebabkan karena pembakaran tidak berasal dari nyala api busi sedangkan knocking dapat disebabkan karena gas tidak terbakar seluruhnya dan nantinya akan terbakar sendiri karena temperatur yang tinggi dan kemudian menyebabkan knocking.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :
Hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya knocking antara lain :
  • Perbandingan kompresi yang sangat tinggi dan tidak diimbangi dengan kualitas bahan bakar yang baik
  • Masa pengapian yang terlalu cepat
  • Putaran mesin yang rendah dan waktu penyebaran api yang lambat
  • Kontruksi mesin yang kurang tepat yaitu penempatan busi dan kontruksi dari ruang bakar yang salah serta kontruksi mesin yang membuat jarak dari penyebaran api yang terlalu jauh.

Di bawah ini diperlihatkan grafik terjadinya knocking pada motor bensin :

0 Response to "Apa Yang Dimaksud Dengan Knocking ? Apa Sebabnya ? Dan Apakah Knocking Dan Pre-Ignition Sama?"

Post a Comment