Benar atau Salah, Merendam Busi Dapat Memperpanjang Umur Busi?

Ada yang bilang jika merendam busi pada bensin terlebih dahulu sebelum memasangnya dikendaraan dapat membuat umur pakai busi lebih panjang, apakah benar demikian ?. Persepsi tersebut telah banyak menyebar dikalangan masyarakat dan bengkel-bengkel kecil.

Sebenarnya, persepsi tersebut tidak tepat karena busi yang direndam dengan bensin justru dapat menyebabkan umur pakai busi lebih pendek. Pasalnya, bensin dapat merusak komponen elektroda pada busi karena elektroda dapat terkikis.

Tidakan yang seharusnya, busi jangan dibersihkan dengan cara direndam dengan bensin tetapi bersihkan busi dengan sikat yang telah dilumuri bensin. Artinya, busi jangan direndam dengan bensin tetapi cukup kuas atau sikat untuk membersihkan busi yang dilumuri bensin.
Setelah busi selesai dibersihkan, kemudian langsung keringkan dengan menggunakan udara yang bertekanan. Setelah benar-benar kering, maka busi dapat langsung dipasang pada lubang busi.

Sehingga tidak tepat jika melakukan tidakan merendam busi dalam bensin akan memperpanjang umur busi. Umur pakai busi akan dipengaruhi oleh faktor-faktor pembakaran dan perilaku pengemudi.

Bila campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar terlalu kaya maka akan membuat permukaan busi tertumpuk oleh karbon. Identifikasinya bila campuran bahan bakar dan udara kaya maka akan terlihat di permukaan isolator dan elektroda busi akan bewarna hitam karena karbon. Tumpukan karbon pada busi akan memperpendek umur pakai busi.

Tapi jika campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar itu miskin maka akan membuat busi cepat panas. Identifikasinya bila campuran bahan bakar dan udara ini miskin maka akan terlihat pada elektroda busi berubah menjadi warna keputihan. Temperatur yang panas di dalam ruang bakar akan memperpendek umur dari busi.

Selain itu, jika permukaan busi terlihat berwarna hitam karena oli. Hal itu bertanda bahwa oli masuk ke dalam ruang bakar dan ikut terbakar saat proses pembakaran. Oli yang menumpuk tersebut dapat memperpendek umur busi.

Oleh sebab itu, jika menginginkan umur busi panjang maka selalu lakukanlah perawatan berkala pada mesin.

0 Response to "Benar atau Salah, Merendam Busi Dapat Memperpanjang Umur Busi?"

Post a Comment