Penyebab Motor Starter Sepeda Motor Bunyi Tek Tek

Motor starter merupakan bagian dari sistem starter elektrik kendaraan. Pada sepeda motor dilengkapi dengan dua buah tipe starter yaitu kick starter dan elektrik starter. Bila starter elektrik mengalami masalah maka masih dapat menghidupkan kendaraan dengan kick starter.

Pada sistem starter elektrik menggunakan arus listrik untuk memutarkan motor starter atau dinamo starter. Komponen-komponen sistem starter elektrik pada sepeda motor terdiri dari baterai, fuse, switch starter, relay starter dan motor starter.

Salah satu masalah yang sering timbul pada starter elektrik adalah ketika switch (saklar) starter ditekan (On) starter hanya bunyi tek-tek dan motor starter tidak mau berputar.

Bunyi tek tek ketika distarter berasal dari relay starter atau juga sering disebut dengan bendik starter. Penyebab relay starter bunyi tersebut dapat disebabkan karena beberapa hal, yaitu :

Baterai lemah
Baterai atau accu atau aki merupakan penyedia sumber listrik dari sistem kelistrikan starter. Kondisi baterai sangat berpengaruh terhadap kinerja starter elektrik, bila kondisi baterai lemah atau soak maka ketika starter switch ditekan motor starter dapat tidak hidup atau hidup namun tidak kuat untuk starter atau hanya dapat mengaktifkan relay starter saja, sehingga bila listrik pada baterai hanya dapat mengaktifkan relay starter saja maka ketika starter switch ditekan hanya akan terdengar bunyi tek tek.

Untuk memperbaiki hal tersebut maka baterai harus dicharger bila masih bisa, namun jika sudah tidak dapat dicharger maka ganti baterai dengan yang baru.

Kabel putus
Kabel putus dari relay starter menuju ke motor starter dapat menyebabkan bunyi tek tek saat switch starter ditekan. Hal tersebut terjadi dikarenakan arus listrik tidak akan disalurkan ke motor starter sehingga motor starter tidak dapat hidup dan hanya terdengar bunyi tek tek saja pada bagian relay starter.

Hal tersebut sebenarnya jarang terjadi, namun bila kabel tersebut putus maka cara memperbaikinya dengan cara menghubungkan kabelnya kembali.

Sikat starter habis
Sikat starter yang habis juga dapat membuat timbulnya suara tek tek saat switch starter ditekan. Hal tersebut terjadi karena listrik tidak dapat mengalir ke motor starter sehingga motor starter tidak dapat hidup dan hanya timbul suara tek tek saja pada relay starter. Cara memperbaiki hal tersebut dapat dilakukan dengan mengganti sikat pada motor starter.

8 Responses to "Penyebab Motor Starter Sepeda Motor Bunyi Tek Tek"

  1. mau nnya kalau motor saya dah di periksa semua pasa msih bgus semua tetapi kok ttp susah di stater ya cuma bunyi tek tek seperti ingin nyala tetapi gk berhasil dan di kick stater pun jga susah

    ReplyDelete
  2. Motor sy cuma pake starter elektrik gk pake kick stater.Jd kadang bunyi tek-tek.
    Misalkan kalau motor sering di simpan ngaruh gk pada stater'y?

    ReplyDelete
  3. Motor sy jupiter mx kendala ketika distater bunyi tek tek..kira sy bendiknya sy coba ganti bendik baru eh sama bunyi tek tek.. Padahal aki pas posisi kontak on bunyi klakson bagus.. Lampu sein juga nyala. . Berarti apanya yah

    ReplyDelete
  4. Sama punya saya supra cuma bunyi tek tek setelah itu listrik dari aki mati
    Pas di kick stater dan gas di tarik sedikit
    Aki kembali normal

    ReplyDelete