Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak

Mesin diesel merupakan salah satu jenis motor dengan pembakaran dalam (internal combustion engine). Mesin diesel ditemukan pertama kali oleh seorang berkebangsaan negara jerman yaitu ditemukan oleh Rudolf Diesel pada tahun 1892.

Mesin diesel memiliki efisiensi panas yang lebih baik dibandingkan dengan mesin bensin, karena pada mesin diesel memiliki perbandingan kompresi yang sangat besar.

Pembakaran pada mesin diesel terjadi ketika injektor atau nozzle menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang bakar. Bahan bakar yang diinjeksikan ini akan terbakar karena temperatur yang tinggi yang disebabkan oleh tekanan kompresi mesin.

Langkah kerja mesin diesel 4 tak dapat dibagi menjadi 4 langkah yaitu langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha dan langkah buang.

Langkah hisap
Pada saat langkah hisap, piston akan bergerak dari posisi TMA (Titik Mati Atas) menuju ke posisi TMB (Titik Mati Bawah) dan posisi katup hisap akan membuka, sedangkan katup buang menutup. Akibat dari pergerakkan piston dari TMA ke TMB ini maka volume ruang silinder akan membesar dan menyebabkan terjadinya ke vakuman pada ruang silinder ini.

Pada saat langkah hisap ini udara akan dihisap masuk ke dalam ruang bakar akibat dari kevakuman yang terjadi pada ruang silinder.

Langkah kompresi
Pada saat langkah kompresi, piston akan bergerak dari posisi TMB menuju ke posisi TMA dan keadaan katup hisap serta katup buang dalam keadaan menutup. Pada saat langkah kompresi ini udara yang ada dalam ruang silinder akan ditekan (dikompresikan) oleh piston sehingga akan menaikkan tekanan dan temperatur di dalam ruang bakar.

Langkah usaha
Pada saat langkah usaha kedua katup hisap dan katup buang dalam keadaan menutup dan pada saat ini injektor atau nozzle akan menginjeksikan sejumlah bahan bakar ke dalam ruang bakar. Bahan bakar bertekanan yang diinjeksikan ini akan membentuk partikel-partikal yang kecil dan akan terbakar dengan cepat akibat temperatur di dalam ruang bakar yang tinggi.

Pada saat ini akan terjadi pembakaran dan tekanan pembakaran ini akan mendorong piston bergerak dari posisi TMA ke posisi TMB.

Langkah buang
Pada saat langkah buang, piston akan bergerak dari posisi TMB menuju ke posisi TMA dan keadaan katup buang akan membuka, sedangkan katup hisap dalam keadaan menutup. Pada saat ini gas hasil pembakaran akan ditekan keluar melewati katup buang oleh piston.

0 Response to "Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak"

Post a Comment