Fungsi Wiper dan Washer pada Mobil

Wiper atau penghapus kaca dan washer atau air pembersih merupakan piranti yang sangat penting yang erat hubungannya dengan segi keselamatan selama berkendara, karena wiper dan washer dapat menjaga pandangan dari pengendara agar tidak terhalang.

Wiper dan washer sendiri merupakan bagian dari sistem kelistrikan body kendaraan, yang artinya bahwa kerja wiper dan washer dikontrol dengan aliran listrik yang bersumber dari baterai (accu).

Wiper sendiri memiliki fungsi untuk membersihkan kaca bagian depan mobil dan belakang mobil (pada beberapa tipe mobil) dari kotoran, debu, minyak, binatang-binatang kecil atau dari air hujan. Bayangkan saja, jika mobil tidak dilengkapi dengan wiper, maka pada saat mobil melintasi jalan yang sedang hujan deras maka air hujan dapat mengembun di permukaan kaca yang dapat mengakibatkan menghalangi pandangan pengemudi. Bila pandangan pengemudi terhalang maka akan sangat berhaya sekali, hal ini dapat menyebabkan terjadinya resiko kecelakaan.

Kerja dari wiper terdiri dari dua buah kecepatan pada umumnya, yaitu kecepatan lambat (low speed) dan kecepatan tinggi (high speed). Namun dewasa ini, kerja dari wiper dilengkapi dengan intermittent yaitu kerja wiper dengan interval waktu tertentu, misalnya ketika kerja wiper diposisikan pada kerja intermittent maka wiper akan bekerja selama 10 detik sekali atau 15 detik sekali (tergantung dengan relay pengatur intermittentnya).

Washer sendiri berfungsi untuk membantu kinerja wiper. Washer berfungsi untuk menyemprotkan cairan pembersih untuk membantu membersihkan kotoran yang menempel pada bagian kaca. Washer terletak pada bagian kaca depan dan bagian kaca belakang (pada beberapa tipe mobil). Biasanya ada kotoran yang menempel pada bagian kaca yang tidak bisa dihilangkan hanya dengan menghapusnya dengan wiper. Kotoran tersebut harus disiram oleh cairan pembersih agar dapat hilang dari permukaan kaca.

Selain itu, dengan penyemprotkan cairan pembersih pada permukaan kaca maka kerja dari wiper akan lebih ringan dan lebih bersih. Oleh sebab itulah washer digunakan untuk membantu kerja dari wiper.

Washer dapat dioperasikan dengan menekan atau menarik saklar wiper. Dewasa ini pada sistem kerja washer dilengkapi dengan sistem interlock dengan wiper sehingga ketika washer bekerja menyemprotkan air pembersih maka wiper akan bekerja menghapus satu kali gerakan.

Wiper dan washer terdiri dari beberapa komponen di dalamnya. Komponen-komponen pada wiper terdiri dari saklar wiper, motor miper, wiper arm, wiper blade.


Sedangkan komponen-komponen dari washer terdiri dari saklar washer, tangki tampungan cairan pembersih, air pembersih, motor washer dan nozzle penyemprot.

0 Response to "Fungsi Wiper dan Washer pada Mobil"

Post a Comment