Komponen Commonrail pada Mesin Diesel

Sistem commonrail merupakan pengembangan teknologi sistem bahan bakar pada mesin diesel. Sistem commonrail merupakan sistem bahan bakar yang dikontrol secara elektronik. 

Pada saat mesin bekerja selalu tersedia tekanan bakan bakar yang cukup tinggi pada sistem commonrail. Kontrol tekanan dan waktu penginjeksian pada sistem commonrail dirancang untuk mesin high speed direct injection. Seluruh kinerja sistem commonrail diatur atau dikendalikan oleh ECU (Electronic Control Unit).

Terdapat beberapa komponen pada sistem commonrail ini, antara lain :

Fuel tank (tangki bahan bakar)
Fuel tank atau tangki bahan bakar pada sistem commonrail berfungsi untuk menampung bahan bakar di dalam kendaraan.

Pre supply pump (pompa pengalir)
Komponen pre supply pump atau pompa pengalir pada sistem common rail berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki bahan bakar ke pompa bahan bakar tekanan tinggi. Pre supply pump ini terletak di dalam tangki bahan bakar.

Pre supply pump terdapat dua jenis pada umumnya, yaitu tipe mekanik dan tipe elektrik. Pada tipe pompa mekanik ini memanfaatkan putaran dari mesin untuk memutarkan pompanya sedangkan pada tipe elektrik memanfaatkan tenaga listrik untuk memutarkan pompanya.

Fuel filter (saringan bahan bakar)
Fuel filter atau saringan bahan bakar pada sistem commonrail berfungsi untuk menyaring kotoran pada bahan bakar agar tidak mengalir pada sistem commonrail karena kotoran ini dapat merusak komponen-komponen pada sistem commonrail.

High pressure pump (pompa tekanan tinggi)
High pressure pump atau pompa tekanan tinggi pada sistem commonrail berfungsi untuk meningkatkan tekanan bahan bakar di dalam sistem commonrail.

Cara kerjanya :

Ketika plunger bergerak ke bawah maka katup inlet akan terbuka sehingga bahan bakar akan terhisap masuk kedalam ruangan pompa.

Pada posisi titik mati bawah (TMB) dan plunger mulai bergerak ke arah atas, maka katup akan tertutup karena katup jenis ini merupakan katup satu arah dan bahan bakar di dalam ruangan pompa ini akan dikompresikan sehingga bahan bakar akan terdorong keluar pada saluran outlet.

Pada pompa tekanan tinggi ini terdapat kompoen electromagnetic switch off yang berfungsi untuk mematikan atau menghentikan aliran bahan bakar saat kunci kontak off.

High pressure accumulator (pipa rel)

High pressure accumulator atau pipa rel (rail) berfungsi untuk menyimpan bahan bakar bertekanan sementara pada pipa dan untuk mencegah terjadinya fluktuasi tekanan bahan bakar.

Pressure control valve

Pressure control valve pada sistem commonrail berfungsi untuk mengatur dan menjaga tekanan di dalam pipa rel agar tekanannya tetap konstan dan tidak melebihi tekanan spesifikasinya.

Rail pressure sensor
Rail pressure sensor atau sensor tekanan pipa rel berfungsi untuk mendeteksi dan mengukur berapa besar tekanan di dalam pipa rel. Data ukuran yang didapat oleh sensor tekanan ini nantinya akan dikirimkan ke ECU (Electronic Control Unit) berupa data tegangan signal. Data ini digunakan oleh ECU sebagai dasar atau inputan untuk mengontrol dan mengatur kinerja dari pressure control valve untuk menjaga tekanan di dalam pipa rel agar stabil sesuai dengan tekanan spesifikasinya.

Injector

Injektor pada sistem commonrail berfungsi untuk menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang bakar dengan jumlah yang tepat dan pada waktu yang tepat pula.

Membuka dan menutupnya injektor ini diatur oleh ECU berdasarkan dari data pada sensor-sensor yang ada pada mesin.

ECU (Electronic Control Unit) dan sensor-sensor

Sistem commonrail merupakan sistem injeksi yang dikontrol oleh EDC (Electronic Driver Control)

ECU pada sistem commonrail berfungsi untuk mengontrol dan memonitor sistem injeksi pada sistem secara menyeluruh.

Sensor-sensor pada sistem commonrail berfungsi untuk membaca dan mengukur data secara menyeluruh pada sistem yang nantinya data ini akan dikirim ke ECU sebagai data input untuk dasar ECU mengontrol dan mengatur sistem.

Pressure limitter valve
Pressure limitter valve merupakan sistem komponen tambahan pada sistem commonrail sehingga tidak setiap kendaraan commonrail dilengkapi dengan pressure limitter valve.

Fungsi dari pressure limitter valve adalah untuk membatasi tekanan yang ada pada pipa rel agar tidak berlebihan.

0 Response to "Komponen Commonrail pada Mesin Diesel"

Post a Comment