Perbedaan Generator Listrik dan Motor Listrik

Dewasa ini, listrik merupakan salah satu kebutuhan yang tidak lepas dari kehidupan manusia.

Berbicara masalah listrik, mungkin istilah generator listrik atau motor listrik sudah tidak asing kita dengar, namun apakah anda tahu perbedaan antara generator listrik dengan motor listrik?

Generator listrik
Generator listrik merupakan alat yang dipakai untuk menghasilkan tenaga listrik. Generator listrik juga merupakan salah satu alat konversi energi yaitu merubah energi gerak menjadi energi listrik.

Tenaga gerak yang digunakan pada generator listrik ini bermacam-macam, misalnya dari turbin air, kincir angin, motor bakar dan lain sebagainya.

Kerja generator listrik adalah untuk menghasilkan tegangan induksi listrik yang di dapatkan dari sebuah konduktor (penghantar) yang memotong medan magnet.

Sebuah kumparan yang diletakkan di antara dua buah medan megnet yang memiliki kutub selatan dan kutub utara kemudian kumparan tersebut diputar maka akan terjadi perpotongan medan magnet yang menyebabkan terjadinya perubahan jumlah garis gaya magnet. Perubahan jumlah garis gaya magnet ini akan menimbulkan gaya gerak listrik (GGL) diujung-ujung kumparan. Hal tersebutlah yang menyebabkan timbulnya energi listrik pada generator listrik.


Energi listrik yang dihasilkan tersebut adalah jenis listrik bolak-balik atau listrik AC (Alternating Current). Untuk merubah arus listrik yang dihasilkan dari arus listrik bolak balik menjadi arus listrik searah atau listrik DC (Direct Current) maka dibutuhkan komponen penyearah yaitu diode atau rectifier.

Penggunaan generator listrik ini contohnya pada PLTA, PLTU, alternator di kendaraan, mesin genset, dinamo pada sepeda dan lain sebagainya.

Motor listrik
Motor listrik juga merupakan salah satu alat konversi energi. Berbeda dengan generator listrik, bila generator listrik merubah energi gerak menjadi energi listrik namun pada motor listrik ini merubah energi listrik menjadi energi gerak.

Pemanfaatan motor listrik ini dapat  kita temukan disekitar kita, contohnya pada alat blender, motor starter, kipas angin, pompa air dan lain sebagainya.

Kerja dari motor listrik ini adalah dengan memanfaatkan energi listrik untuk membuat medan magnet atau elektromagnet. Seperti yang sudah kita ketahui bila kutub-kutub magnet yang sama (senama) saling didekatkan maka akan menghasilkan gaya tolak menolak sedangkan apabila kutub-kutub magnet yang tidak sama didekatkan maka akan menghasilkan gaya tarik menarik.


Dari prinsip-prinsip magnet tersebut maka dapat diperoleh suatu gerakan jika anda menempatkan sebuah magnet posisi tetap kemudian di dalam magnet dengan posisi tetap tersebut di tempatkan sebuah poros yang dapat berputar dan poros tersebut terdapat magnet.

0 Response to "Perbedaan Generator Listrik dan Motor Listrik"

Post a Comment