Peyearah Gelombang Penuh (Full Wave Rectifier)

Sistem penyearah arus merupakan sistem yang dapat merubah arus bolak balik atau arus AC menjadi arus searah atau arus DC.

Salah satu cara yang digunakan untuk menyearahkan arus listrik ini adalah dengan membuat rangkaian penyearah gelombang penuh.

Penyearah gelombang penuh atau full wave rectifier merupakan sistem penyearah gelombang yang dapat menyearahkan semua siklus gelombang baik pada fase positif maupun pada fase negatif.

Secara umum penyearah gelombang penuh dapat dilakukan atau dibuat dengan dua cara yaitu dengan menggunakan dua buah dioda atau dengan menggunakan empat buah dioda.

Penyearah gelombang penuh dengan menggunakan dua buah dioda dapat dilakukan pada transformator CT (Center Tap) sedangkan penyearah gelombang penuh dengan menggunakan 4 buah dioda dapat dilakukan pada transformator non CT.

Penyearah gelombang penuh dengan dua buah dioda
Rangkaian penyearah gelombang penuh dengan menggunakan dua buah dioda pada transformator CT dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Cara Kerja :
Fungsi dari transformator CT tersebut untuk menghasilkan dua buah signal sinus dengan fase yang berkebalikan. Satu lilitan akan menghasilkan fase yang sama dengan signal input dan satu lilitan lainnya akan menghasilkan fase yang berkebalikan dengan signal input.

Dengan dua signal tegangan AC tersebut yang saling berbeda fase ini maka kedua dioda masing-masing akan berfungsi sebagai penyearah setengah gelombang dan bekerja secara bergantian. Satu dioda akan menyearahkan siklus positif dari atas lilitasn dan satu dioda kemudian bergantian menyearahkan siklus positif dari lilitan bawah yang merupakan kebalikan fase dari siklus negatif signal input AC.

Penyearah gelombang penuh dengan empat buah dioda
Rangkaian penyearah gelombang penuh dengan menggunakan empat buah dioda pada transformator non CT dapat dirangkai dengan sistem jembatan (bridge) dioda, rangkaian tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Cara kerja :
Pada transformator non CT terdapat tegangan  pada sisi A dan pada sisi B. Misalnya pada periode pertama pada sisi A adalah tegangan positif dan pada sisi B adalah tegangan negatif maka dioda D1 dan D4 dapat menghantarkan atau dilewati arus karena kedua dioda ini pada posisi forward bias (bias maju). Sedangkan dioda D2 dan D3 akan berada pada posisi reverse bias (bias mundur) sehingga tidak akan dapat dilewati arus. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :


Pada saat periode kedua maka sisi A akan menjadi tegangan negatif dan sisi B akan menjadi tegangan positif maka dioda D2 dan D3 dapat menghantarkan atau dilewati arus karena kedua dioda ini pada posisi forward bias (bias maju). Sedangkan dioda D1 dan D4 akan berada pada posisi reverse bias (bias mundur) sehingga tidak akan dapat dilewati arus. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

Kelebihan penyearah gelombang penuh
Kelebihan dari penyearah gelombang penuh ini adalah tegangan output yang dihasilkan akan lebih halus dan stabil karena semua tegangan input baik pada fase positif maupun fase negatif akan dijadikan tegangan outputnya.

Kekurangan penyearah gelombang penuh
Kekurangan dari penyearah gelombang penuh ini adalah rangkaiannya akan lebih rumit dan tentu saja karena membutuhkan dioda lebih dari satu maka harga untuk membuatnya akan lebih mahal dibandingkan dengan penyearah setengah gelombang.

0 Response to "Peyearah Gelombang Penuh (Full Wave Rectifier)"

Post a Comment