Cara Pemeriksaan Kerja Boster Rem Vakum

Dewasa ini untuk memperkecil tenaga yang digunakan saat menekan pedal rem, pada kendaraan sekarang ini banyak menggunakan boster rem.

Boster rem merupakan piranti tambahan pada sistem rem hidrolik yang berfungsi untuk memperingan pengendara saat menginjak pedal rem.

Salah satu tipe boster rem yang digunakan pada kendaraan adalah boster rem tipe vakum. Boster rem tipe vakum cara kerjanya dengan memanfaatkan kevakuman yang terdapat pada intake manifold kendaraan.


Kevakuman pada intake manifold akan dihubungkan dengan boster rem melalui sambungan selang karet.

Apabila boster rem tidak berfungsi atau rusak maka untuk melakukan pengereman akan terasa lebih berat.

Untuk memastikan bahwa boster rem tipe vakum sudah tidak berfungsi atau rusak maka perlu dilakukan pemeriksaan.

Sebelum melakukan pemeriksaan boster rem vakum maka periksa apakah ada kebocoran kevakuman yang menuju ke boster rem, apabila terdapat kebocoran maka lakukan perbaikan terlebih dahulu.

Pemeriksaan kerja boster rem vakum
Untuk melakukan pemeriksaan kerja boster rem tipe vakum dapat dilakukan dengan cara :
  1. Tekan atau injak pedal rem beberapa kali pada saat mesin mati dan periksa bahwa tidak ada perubahan jarak cadangan pedal rem.
  2. Tekan atau injak pedal rem, kemudian hidupkan kendaraan dan rasakan injakan pedal rem. Apabila injakan pedal rem sedikit terasa turun ketika kendaraan dihidupkan maka boster rem bekerja normal. Namun apabila pedal rem tidak tidak terasa sedikit turun atau posisi tingginya tetap maka kinerja boster rem dalam kondisi tidak baik.

Pemeriksaan kekedapan udara pada boster rem vakum
Untuk melakukan pemeriksaan kekedapan udara pada boster rem tipe vakum dapat dilakukan dengan cara :
  1. Hidupkan mesin selama satu atau dua menit kemudian matikan. Tekan atau injak pedal rem perlahan-lahan beberapa kali. Ketika melakukan injakan pedal rem yang pertama terasa dalam kemudian pada injakan berikutnya kedua dan ketiga pedal rem terasa naik sedikit demi sedikit maka kekedapan udara di dalam boster rem baik. Namun apabila pedal rem langsung naik maka kekedapan udara boster rem tidak baik.
  2. Hidupkan mesin dan injak pedal rem kemudian matikan mesin sambil pedal rem dalam keadaan tetap diinjak. Rasakan apakah terjadi perubahan tinggi pedal dalam waktu 30 detik. Apabila tidak ada perubahan tinggi pedal maka kekedapan boster rem baik. Namun apabila saat pedal rem ditahan kemudian terasa naik maka kekedapan udara boster rem tidak baik.

Kekedapan udara pada boster rem perlu ada karena apabila kekedapan udara pada boster rem tidak ada maka saat kevakuman pada boster tiba-tiba hilang (misalnya disebabkan karena selang vakum menuju boster rem bocor) maka boster rem masih dapat berfungsi dua sampai tiga kali injakan pedal rem.

Apabila saat pemeriksaan diketahui bahwa boster rem tidak berfungsi secara normal, maka lakukan langkah perbaikan.

0 Response to "Cara Pemeriksaan Kerja Boster Rem Vakum"

Post a Comment