Cara Pemeriksaan dan Menyetel Tinggi Pedal Rem

Setiap kendaraan dilengkapi dengan sistem rem. Sistem rem ini berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan, mengurangi kecepatan laju kendaraan dan untuk memungkinkan kendaraan untuk parkir pada tempat yang tidak rata.

Salah satu komponen pada sistem rem di kendaraan adalah pedal rem. Pedal rem merupakan bagian yang ditekan oleh pengendara untuk mengoperasikan sistem rem.

Pada sistem rem hidrolik, pada saat pengendara menekan pedal rem maka tenaga tersebut akan diteruskan oleh pedal untuk menekan push rod, kemudian push rod akan menekan master silinder.

Pada master silinder gaya tekan tersebut akan dirubah menjadi gaya hidrolik untuk diteruskan ke masing-masing roda.

Pedal rem harus diperiksa dan dilakukan penyetelan apabila hasil pemeriksaan pada pedal rem tidak sesuai dengan spesifikasinya.

Adapun pemeriksaan yang dilakukan pada pedal rem antara lain pemeriksaan tinggi pedal, pemeriksaan free play, pemeriksaan langkah efektif dan pemeriksaan jarak cadangan pedal rem.

Mengukur tinggi pedal rem
Untuk melakukan pengukuran tinggi atau langkah total pedal rem membutuhkan alat ukur yaitu penggaris atau mistar.

Tinggi pedal rem ini merupakan tinggi total atau keseluruhan ketika pedal rem belum ditekan, adapun cara untuk melakukan pengukuran ini dapat dilakukan dengan cara :
  1. Lepas bagian karpet (bila ada) yang berada di bawah pedal rem.
  2. Dengan menggunakan penggaris, ukur jarak antara lantai dengan pedal rem. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :
  3. Bandingkan hasil pengukuran tinggi pedal rem dengan nilai spesifikasinya.
  4. Apabila tinggi pedal rem tidak sesuai dengan spesifikasinya maka lakukan penyetelan tinggi pedal rem.

Untuk melakukan penyetelan tinggi pedal rem dapat dilakukan dengan cara :
  1. Lepaskan socket atau konektor untuk switch lampu rem.
  2. Kendorkan mur pengunci switch lampu rem dan putar switch lampu rem kemudian lepaskan switch lampu rem.
  3. Kendorkan mur pengunci pushrod dan setel ketinggian pedal rem dengan memutar push rod.
  4. Setelah penyetelan tinggi pedal rem selesai, pasang kembali bagian-bagian yang dilepas.

Pemeriksaan free play pedal rem
Free play atau jarak main bebas merupakan langkah pedal rem ketika pedal rem ditekan belum terasa hambatan sama sekali atau sering disebut dengan speleng. Free play ini harus ada pada pedal rem karena apabila pedal rem tidak memiliki free play maka push rod dapat dalam keadaan selalu menekan master silinder rem sehingga sistem rem akan bekerja terus menerus walaupun pedal rem belum ditekan.

Adapun cara untuk pemeriksaan free play ini yaitu :
  1. Pastikan mesin kendaraan pada posisi mati, kemudian injak pedal rem beberapa kali untuk memastikan tidak ada kevakuman yang tertinggal pada boster rem (untuk sistem rem yang dilengkapi dengan boster rem).
  2. Tekan pedal rem sampai terasa mulai adanya hambatan, kamudian ukur jarak antara tinggi pedal sebelum ditekan dan setelah ditekan dan terasa mulai ada hambatan. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :
  3. Bandingkan hasil pengukuran free play dengan nilai spesifikasi pada kendaraan tersebut.
  4. Apabila hasil pengukuran tidak sesuai dengan nilai spesifikasi maka lakungan penyetelan free play pedal rem.
  5. Untuk melakukan penyetelan free play pedal rem dapat dilakukan dengan menyetel celah pedal rem dengan switch lampu rem.

Langkah efektif pedal rem
Langkah efektif atau langkah kerja pedal rem merupakan langkah pengoperasian sistem rem, jarak dari pedal rem ketika ditekan dan mulai terasa hambatan sampai pedal rem tidak dapat ditekan (berhenti).

Untuk melakukan pemeriksaan langkah kerja pedal rem dapat dilakukan dengan cara :
  1. Tekan pedal rem sampai mulai terasa ada hambatan, kemudian ukur tinggi pedal rem tersebut.
  2. Tekan pedal rem secara maksimal sampai pedal rem tidak dapat lagi ditekan, kemudian ukur tinggi pedal tersebut.
  3. Hasil pengukuran pada langkah pertama kemudian dikurangi hasil pengukuran pada langkah kedua maka akan didapatkan jarak langkah kerja pedal rem.
  4. Apabila langkah kerja pedal rem terlalu dalam maka periksa apakah terjadi kebocoran pada sistem rem atau kanvas rem telah habis.

Jarak cadangan pedal rem
Jarak cadangan pedal rem merupakan jarak sisa ketika pedal rem ditekan secara penuh. Jarak cadangan pedal rem dapat diukur dengan cara :
  1. Tekan pedal rem secara penuh sampai pedal rem tidak dapat ditekan. Pada kendaraan yang dilengkapi dengan boster rem untuk mengukur jarak cadangan maka mesin harus dihidupkan terlebih dahulu
  2. Ukur tinggi pedal rem dari lantai.
  3. Bandingkan hasil pengukuran dengan nilai spesifikasi.
  4. Apabila hasil pengukuran jarak cadangan pedal rem tidak sesuai dengan spesifikasi maka lakukan pemeriksaan kanvas rem dan tromol serta lakukan penyetelan celah sepatu rem. Selain itu, periksa apakah ada kebocoran pada sistem hidrolik rem tersebut.

1 Response to "Cara Pemeriksaan dan Menyetel Tinggi Pedal Rem"

  1. BuyKamagra Online is used for Enlarged prostate gland in male, Increased blood pressure in lungs and other conditions. Know about the uses, side effects, price, composition, substitutes, How it works, Lowest Price Online. Kamagra Gold 100mg Online buy with lowest Price Ever Online Pharmacy. Kamagra Gold 100mg Reviews.

    ReplyDelete