Cara Melepas dan Memasang Baut Tanam (Stud Bolt)

Baut merupakan komponen yang digunakan untuk menghubungkan antara bagian-bagian komponen agar saling berkaitan.

Salah satu tipe baut yang sering digunakan adalah baut tanam (stud bolt). Pada baut tanam ini kedua ujung baut berbentuk ulir dan tidak memiliki kepala baut.

Kedua sisi ulir dari baut tanam ini terdiri dari sisi tanam (plantation side) dan sisi nut (nut side).

Untuk membedakan, mana sisi ulir tanam dan mana sisi ulir nut pada baut tanam maka pada umumnya sisi bagian tanam memiliki thread yang lebih pendek dibandingkan dengan sisi nut.

Ketika baut tanam akan diganti baik karena baut tanam bengkok atau rusak, maka baut tanam harus dilepas dan kemudian baru dipasang kembali dengan baut tanam yang baru.


Untuk melepas dan memasang baut tanam ini tidak dapat dilakukan secara langsung karena baut tanam tidak memiliki kepala baut untuk mengencangkan atau mengendorkan baut tersebut.

Adapun cara untuk memasang dan melepas baut tanam adalah sebagai berikut :

Cara memasang baut tanam
Untuk mengencangkan baut tanam dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan dua buah mur.

Pasang dua buah mur pada baut tanam, tahan mur bagian bawah dan kencangkan mur bagian atas sehingga kedua mur akan saling mengunci.

Kedua mur ini nantinya akan berfungsi sebagai kepala dari baut tanam. Sehingga untuk memasang atau mengencangkan baut tanam ini dapat dilakukan dengan cara memutar baut melalui sambungan dua mur ini ke arah kanan (apabila baut tanam menggunakan ulir kanan).

Setelah baut tanam terpasang, kemudian lepas kedua mur dengan cara, tahan satu mur yang berada di bawah, kemudian kendorkan mur yang berada di bagian atas.

Setelah mur bagian atas terlepas, kemudian lepas mur yang berada di bagian bawah. Teknik memasang dengan menggunakan bantuan dua buah mur ini disebut dengan teknik mur ganda.

Cara melepas baut tanam
Untuk melepas atau mengendorkan baut tanam caranya sama dengan saat memasang baut tanam, namun untuk mengendorkan baut tanam dilakukan dengan memutar kepala baut (dua buah mur) ke arah kiri (apabila baut tanam menggunakan ulir kanan).

0 Response to "Cara Melepas dan Memasang Baut Tanam (Stud Bolt)"

Post a Comment