Pengertian Mesin Pembakaran Dalam dan Mesin Pembakaran Luar

Mesin atau engine merupakan suatu alat konversi energi yang dapat merubah energi panas menjadi energi gerak.

Dikendaraan bermotor, sumber utama tenaga geraknya berasal dari mesin (motor). Tenaga gerak dari mesin ini nantinya akan disalurkan ke sistem penggerak kendaraan tersebut dengan mekanisme sistem pemindah tenaga.

Misalnya, pada kendaraan mobil tipe FR mekasnisme pemindah tenaga dari mesin agar sampai ke roda maka memerlukan komponen tambahan seperti kopling, transmisi, poros propeller, differential dan poros axle.

Terdapat dua tipe mesin bakar berdasarkan letak pembakarannya yaitu mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) dan mesin pembakaran luar (external combustion engine).

Mesin pembakaran dalam
Mesin pembakaran dalam merupakan sebuah mesin yang proses pembakarannya berada di dalam ruang tertutup atau sering disebut dengan istilah ruang bakar (combustion chamber).

Campuran udara dan bahan bakar akan dihisap masuk ke dalam ruang bakar lalu kemudian akan di bakar di dalam ruang bakar tersebut untuk menghasilkan tenaga ledakan pembakaran yang nantinya digunakan sebagai tenaga putar untuk menggerakkan kendaraan.

Contoh mesin pembakaran dalam sering kita temui pada kendaraan-kendaraan baik sepeda motor, mobil, bus, truk dan lain sebagainya. Mesin pembakaran dalam sendiri berdasarkan jenis bahan bakar yang digunakan antara lain mesin bensin dan mesin diesel.

Macam-macam mesin pembakaran dalam apabila dilihat dari prinsip kerjanya antara lain mesin 4 tak, mesin 2 tak dan mesin wankel.

Baca juga : Cara kerja motor 4 tak dan 2 tak

Kelebihan mesin pembakaran dalam dibandingkan dengan mesin pembakaran luar antara lain :
  1. Pemakaian bahan bakar yang digunakan akan lebih hemat karena mesin pembakaran dalam memiliki efiiensi panas yang lebih baik.
  2. Konstruksi mesin lebih sederhana (kecil) karena tidak seperti pada mesin pembakaran luar yang memerlukan komponen tambahan, misalnya pada mesin uap maka mesin tersebut memerlukan ketel uap.
  3. Karena konstruksi mesin sederha maka mesin pembakaran dalam ini tidak memerlukan tempat yang luas atau tidak memakan tempat dibandingkan dengan mesin pembakaran luar/
  4. Lebih cepat dan lebih mudah untuk dijalankan (dioperasikan).

Mesin pembakaran luar
Mesin pembakaran luar merupakan sebuah mesin yang proses terjadinya pembakaran dilakukan di luar mesin atau bukan di dalam ruang yang tertutup (ruang bakar). Panas yang dihasilkan dari proses pembakaran tidak akan langsung dirubah menjadi tenaga gerak, melainkan memerlukan media (komponen) penghantar panas dan baru kemudian akan dirubah menjadi energi gerak.

Contoh kendaraan yang menggunakan mesin pembakaran luar yaitu pesawat tenaga uap, kereta api uap dan kapal uap.

Kelebihan mesin pembakaran luar dibandingkan dengan mesin pembakaran dalam antara lain :
  1. Dapat memakai semua jenis bahan bakar (bahan bakar cair, bahan bakar padar atau bahan bakar gas).
  2. Dapat menggunakan bahan bakar dengan kualitas atau mutu yang rendah.
  3. Lebih cocok untuk melayani beban-beban besar di dalam satu poros
  4. Lebih cocok untuk dipakai pada kendaraan dengan daya tinggi.

0 Response to "Pengertian Mesin Pembakaran Dalam dan Mesin Pembakaran Luar"

Post a Comment