Fungsi Final Gear pada Gardan dan Tipe-tipenya

Gardan atau juga disebut dengan differential merupakan salah satu komponen pada sistem pemindah tenaga (power train system).

Setiap mobil pastinya dilengkapi dengan gardan, baik pada mobil dengan penggerak roda belakang (tipe FR) maupun pada mobil penggerak roda depan (tipe FF).

Di dalam gardan terdapat dua bagian utama yaitu final gear dan differential gear. Bagian final gear terdiri dari drive pinion dan ring gear.

Final gear pada gardan memiliki dua fungsi yaitu :
  1. Sebagai final reduction yaitu final gear berfungsi untuk mereduksi putaran (menurunkan kecepatanputaran) dan meningkatkan momen dengan menggunakan perbandingan gear ratio antara ring gear denga drive pinion.
  2. Merubah arah putaran sebesar 90o, artinya pada final gear terjadi perubahan arah putaran ke posisi tegak lurus dari transimi ke poros penggerak roda depan (pada tipe FF) atau dari poros propeller ke poros penggerak roda belakang (tipe FR).

Terdapat dua tipe susunan roda gigi yang umumnya digunakan pada bagian final gear yaitu tipe hypoid bevel gear dan tipe helical gear.

Tipe hypoid bevel gear digunakan pada kendaraan mobil dengan penggerak roda belakang sedangkan tipe hlical gear digunakan pada kendaraan mobil dengan penggerak roda depan.

Tipe hypoid bevel gear
Pada susunan roda gigi final gear tipe hypoid bevel gear, komponen drive pinion dipasang secara offset dengan garis tengah ring gear, untuk lebih jelasnya dapat diperhatikan pada gambar di bawah ini :

Pada tipe ini, perbandingan persinggungan antara roda-roda giginya besar dan bekerja dengan halus. Selama beroperasi, untuk mencegah keausan antara drive pinion dengan ring gear maka komponen-komponen ini harus dilumasi. Pelumas yang digunakan untuk melumasi final gear tipe hypoid bevel gear yaitu menggunakan oli hypoid gear yang memiliki lapisan oil film yang kuat.

Tipe helical gear
Pada susunan roda gigi final gear tipe helical gear, komponen drive pinion dan ring gear disusun secara sejajar selalu bersinggungan dengan posisi yang sama tanpa adanya celah antara kedua roda gigi tersebut, untuk lebih jelasnya dapat diperhatikan pada gambar di bawah ini :

Pada susunan tipe ini, bunyi dan getaran yang ditimbulkan akibat persinggungan antara kedua roda gigi tersebut sangat kecil dan momen dapat dipindahkan dengan lembut. Pelumasan roda gigi final gear tipe ini menjadi satu dengan pelumas transmisinya.

0 Response to "Fungsi Final Gear pada Gardan dan Tipe-tipenya"

Post a Comment